Senin, 06 Februari 2012

Agar Garasi Rumah Tidak Sumpek

detail berita
Garasi mewah modern (Foto: fundesignideas.com)
JAKARTA - Ada perbedaan besar antara mengendarai mobil ke sebuah garasi yang penuh barang dan yang selalu rapi serta terawat. Tapi, tidak semua orang mampu atau mau menyewa sebuah perusahaan pengorganisasian garasi untuk melakukan pekerjaan tersebut.

"Itu tidak apa-apa," kata penulis buku The One-Minute Organizer Donna Smallin. Sebab, lanjut dia, dengan waktu ekstra dan kerja keras, pemilik rumah bisa melakukan beberapa hal sendiri. Termasuk menjadikan garasi senantiasa bersih.

"Pengorganisasian bukan proyek satu kali saja,melain sebuah proses," ujarnya. Hal itu terutama berlaku untuk garasi, yang sering digunakan sebagai tempat penyimpanan tersembunyi barang yang tidak diperlukan lagi di rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah inventarisir semua barang. Sebelum membeli tempat penyimpanan, cari tahu apa yang ada di dalam garasi. Lalu buang item yang tidak diperlukan.

"Kita menyingkirkan barang tersebut dari dalam rumah karena tidak menginginkannya lagi. Namun, kita biasanya menaruh di garasi. Masuk dan pilih barang yang Anda benar-benar tidak perlukan lagi," urai Smallin.

"Buat keputusan yang mudah terlebih dahulu," kata penulis buku Organize Your Garage in No Time Barry Izsak. "Mulailah dengan sesuatu yang tidak emosional dan Anda bisa dengan mudah memutuskan untuk membuangnya," lanjutnya.

Mudah untuk membuang VCR rusak atau tumpukan majalah National Geographic selama 10 tahun terakhir yang ditaruh di pojok garasi daripada barang yang memiliki nilai sentimentil.

Jaga hal-hal yang masih berguna dan relevan serta mampu disimpan. Untuk keputusan-keputusan sulit, bertanyalah dalam hati, apa hal terburuk yang bisa terjadi jika Anda menyingkirkan barang tersebut.

"Berencana membongkar item yang tidak diinginkan di garasi harus dimulai dengan mengumpulkan barang di satu tempat, mungkin parkiran mobil di halaman, dan menggunakan area pusat garasi selama beberapa hari," tutur Izsak.

Kedua, pikirkan dalam satu zona. Untuk menemukan tempat terbaik menyimpan benda-benda, pisahkan berdasarkan kegunaan. Contohnya, kata Smallin, peralatan olahraga harus memiliki area tersendiri, sebagaimana perabotan untuk perawatan rumput di halaman dan peralatan cuci mobil.

Benda yang paling sering digunakan harus yang paling mudah diakses. Selanjutnya,belanja perabotan yang dibutuhkan. Setelah membuat rencana di mana barang akan ditempatkan, mulailah berpikir tentang perabotan yang mungkin lebih baik untuk menaruhnya.

"Saya percaya, benda berukuran besar sebaiknya digantung di garasi karena faktor keterbatasan ruang jika kita ingin parkir mobil di sana," kata Izsak. Bagi Anda yang anggarannya terbatas, pertimbangkan penggunaan papan pasak untuk membantu pengaturan.

Cara lain yang umum untuk menjaga biaya murah adalah dengan menggunakan kembali barang-barang lama dari rumah, seperti lemari dapur tua dan rak buku. Sebaliknya, membeli lemari khusus dapat dipertimbangkan agar barang lebih tahan lama.


Sumber : www.property.okezone.com/agar-garasi-rumah-tidak-sumpek

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar