Senin, 13 Februari 2012

Bangunan Penyimpan Benih Bak Gedung Berbulu

detail berita
Foto : The Seed Cathedral/blogs.glowscotland.org.uk
JAKARTA - Dari kejauhan kota London, Inggris, masyarakat terheran-heran dengan adanya onggokan bulu raksasa berwarna abu-abu. Berduyun mereka mendekat, bola bulu raksasa itu terlihat tidak begitu lembut, malah terlihat seperti ratusan duri yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terlkat seperti bulu lembut.

Usut punya usut, bola bulu raksasa tersebut merupakan sebuah bangunan yang untuk menyimpan benih. The Seed Cathedral, begitulah sebutannya.

The Seed Cathedral merupakan bangunan percontohan yang didanai oleh sembilan konglomerat Inggris dan dirancang oleh Thomas Heatherwick yang mampu menyimpan 60 ribu macam bibit tanaman pada duri-duri akrilik.

Struktur bangunan ini pun unik, hanya terdiri dari lubang kecil untuk dilalui duri yang sebelumnya sudah diisi oleh beragam jenis benih. Demikian yang dikutip dari situs Heatherwick, Senin (13/2/2012).

Untuk mendirikan bangunan ini, Heatherwick menghabiskan dana sebedar 25 juta Pondsterling atau sekira Rp353,6 miliar (Rp14,147,- per 1 Poundsterling), dan hanya untuk didirikan selama enam bulan saja.

Sayangnya, bangunan yang dikunjungi sedikitnya ribuan orang per harinya tersebut sudah dibongkar. Duri-duri berisi benih sudah disumbangkan ke berbagai sekolah di London, beberapa di antaranya disumbangkan ke World Expo Museum, serta dilelang untuk acara amal.


Sumber : www.property.okezone.com/bangunan-penyimpan-benih-bak-gedung-berbulu

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar