Kamis, 16 Februari 2012

Cloaking Device, Solusi Gedung Anti-Gempa Bumi

detail berita
Foto: Ilustrasi cloaking device/ dailymail.com
JAKARTA - Gempa bumi merupakan salah satu ancaman keamanan gedung pencakar langit. Peneliti dan arsitektur bekerja sama guna memperkecil kemungkinan sebuah gedung akan roboh atau hancur karena guncangan.

Dengan adanya usaha dari peneliti dan arsitek, maka salah satu solusi untuk mencegah dampak gempa bumi terhadap gedung adalah cloaking device. Demikian yang dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (16/2/2012).

Teknologi cloaking device memungkinkan gedung kebal terhadap guncangan gempa bumi dengan mengandalkan karet bertekanan yang mengarahkan gelombang dari gempa di sekitar gedung. Karena gelombang tersebut mengalirkan guncangan ke tempat lain di luar gedung, membuat gedung seolah tidak tampak terkena dampak gempa.

Oleh sebab itu, teknologi arsitektur ini juga disebut oleh para peneliti dengan sebutan invisible cloaking yang seolah membuat benda tidak terlihat.

Karena kemampuannya terhadap gempa, teknologi arsitektur ini  juga diuji oleh matematikawan dari Universitas Manchaster. Melalui uji coba, peneliti memiliki hipotesis, gelombang elastis pada gempa bumi dapat dialihkan pada objek, sama halnya dengan pembelokkan pada gelombang cahaya.

Teknologi cloaking sebenarnya sudah diterapkan di perkantoran di Shinjuku di Tokyo, Jepang. Jadi tidak heran, bangunan setempat terhidar dari dampak gelombang kuat gempa bumi.

Selain bisa memperkecil dampak gempa bumi, cloaking ini juga ternyata bisa mengurangi jumlah korban tewas akibat gempa. Karet bertekanan pada struktur bangunan yang diterapkan pada pembangkit listrik tenaga nuklir, tiang listrik, dan perkantoran dipercaya dapat melindungi mereka dari kerusakkan.




Sumber : www.property.okezone.com/cloaking-device-solusi-gedung-anti-gempa-bumi

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar