Senin, 20 Februari 2012

Faktor Penting Memilih Lahan Rumah (2)

detail berita
lahan jual (foto: madura.olx.id)
MEMILIH lahan utuk pembangunan rumah haruslah memperhatikan faktor-faktor penting, salah satunya tentu saja adalah faktor ekonomis. Namun, bukan berarti hanya masalah dana dan propek lokasi lahan yang menjadi tonggak ukur. Faktor kondisi lingkungan pun sangat penting pengaruhnya.

Hal ini menyangkut segi sosial dan kemanan hidup Anda di masa datang saat rumah yang Anda bangun sudah siap dutempati. Untuk itu, simak lanjutan paparan faktor-faktor penting dalam memilih olahan rumah yang tepat. Seperti yang dikutip dari blog arsitek As Studio Architect, Sabtu (18/2/2012), berikut ini:

3. Arah Hadap lahan

Lahan menghadap ke timur biasanya lebih disukai ketimbang yang menghadap ke barat. Hal ini karena sinar matahari pagi tidak terlalu panas bila dibandingkan sore hari. Kadang-kadang untuk menghindari panas, lahan kavling dijual menghadap utara dan selatan, dimana menurut feng shui, arah utara lebih baik, namun menurut primbon Jawa, arah selatan lebih baik.

4. Aliran Udara

Bila memungkinkan, kita harus melihat bagaimana aliran udara di dalam lahan, yang hubungannya nanti dengan di mana kita meletakkan jendela dan ventilasi. Pada saat lahan masih kosong, biasanya kita belum bisa merasakan benar-benar tentang kemungkinan aliran udara yang kurang saat rumah dibangun. Terutama bila lahan kecil dan kebutuhan ruang rumah cukup banyak, kita juga seharusnya memperhatikan arah angin yang mungkin masuk kedalam area lahan. Hubungannya adalah dengan bangunan-bangunan tetangga yang sudah ada, apakah bangunan tetangga akan menutup aliran udara ke arah lahan?

Lahan yang baik untuk rumah tinggal seharusnya merupakan lahan luas dengan bangunan berdiri di area tengah atau berada diarea taman rumah sehingga ventilasi bisa datang dari semua arah dan ruang. Hal ini memungkinkan untuk lahan bakal rumah yang benar-benar luas sehingga rumah bisa memiliki taman depan, samping dan belakang seperti rumah-rumah di pedesaan jaman dahulu. Lahan seperti ini memungkinkan kita hidup sehat dengan udara dan pohon-pohon rindang disekitar rumah.

5. Resapan Air

Tentunya kita tidak menghendaki bahwa area lahan rumah kita berada di daerah yang sering banjir atau merupakan area banjir tahunan. Karena itu, kita harus memperhatikan apakah drainase disekitar lahan mencukupi untuk tidak adanya banjir. Saat ini memang pemerintah belum serius untuk menangani perihal drainase, kecuali bila sudah terjadi banjir.

Drainase perumahan cenderung dibuat dengan asal ada dan kurang memperhatikan cukup tidaknya dimensi drainase terhadap aliran air. Pengembang yang baik akan memperhatikan ukuran saluran air atau got didepan lahan. Demikian juga pemerintah daerah seharusnya bisa memperhitungkan daya tampung saluran kota agar tidak terjadi banjir.

Akan lebih baik bila area rumah memiliki resapan air yang memadai berupa lahan taman yang masih bisa menampung air hujan dan meresapkannya kedalam tanah. Lahan yang baik yang memungkinkan untuk hal ini, biasanya saat ini hanya berada di pedesaan dimana lahan masih luas dan murah, serta letak rumah tidak saling berdekatan.

6. Faktor-faktor lain

- Apakah luasan site sesuai dengan banyak dan jenis ruang-ruang yang kita inginkan. Atau sebaliknya, berapa banyak ruang dan jenis-jenis ruang yang bisa dibangun diatas lahan tersebut?
- Apakah lingkungannya terhindar dari faktor-faktor merugikan kesehatan seperti kawat listrik bertegangan tinggi, limbah buangan pabrik atau asap yang merugikan kesehatan, polusi udara dari kendaraan dan debu jalan yang berlebihan, polusi udara dari sumber pencemaran udara seperti asap pabrik, tempat pembuangan sampah atau peternakan? Gangguan-gangguan terhadap kesehatan ini apabila berlangsung secara terus menerus dapat mengakibatkan penyakit yang tidak diinginkan.
- Bagaimana bentuk site dan apa pengaruhnya terhadap ruang-ruang dalam hunian? Apakah bentuknya kotak, trapesium, dan sebagainya.
- Apakah letak lahan cukup mudah dijangkau dari jalan?
- Apakah lahan ini bisa memiliki pencahayaan alami dan bagaimana arah sinar matahari pada pagi, siang dan sore hari?
- Apakah kualitas tanahnya cukup baik dan tidak terkena bahan kimia berbahaya?

Keseluruhan faktor yang telah dipaparkan di atas, sangat patut untuk Anda pahami jika memang Anda sedang berniat membeli lahan rumah. Setelah Anda mengerti fakto-faktor tersebut, diharapkan nantinya Anda dapat benar-benar jeli dalam memilih lahan rumah yang tepat untuk kelangsungan masa depan Anda dan keluarga.


Sumber : www.property.okezone.com/faktor-penting-memilih-lahan-rumah-2

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar