Jumat, 17 Februari 2012

Inspirasi Rumah Tinggal Hijau

detail berita
Rumah Stacking Green (foto: myinteriordesign)
HIJAU, inilah kata yang pas mewakili tampak rumah yang satu ini. Terletak di Saigon, Vietnam, sebuah rumah tinggal dengan konsep unik tampak kokoh berdiri di tengah kacaunya lingkungan sekitarnya.

Selama bertahun-tahun masyarakat di Saigon sangat mencintai tanaman tropis dan bunga-bunga dalam pot yang diletakkan di pinggiran jalan. Tak hanya di jalanan, mereka pun meletakkan tanaman-tanaman tersebut hingga memenuhi balkon dan halaman rumahnya.  Kebiasan ini talah menjadi satu hal yang menarik bagi setiap orang atau turis yang baru pernah mengunjungi Kota Saigon.

Hal ini jugalah yang menjadi inspirasi bagi perancang dari studio arseitek Vo Trong Nghia yang mendesain sebuah rumah yang disebut Stacking Green atau tumpukan hijau. Rumah yang disesain untuk tempat tinggal pasangan suami isteri  berusia 30 tahunan dan ibu mereka ini dipenuhi dengan berbagai macam tanaman.

"Kami menamai rumah tropis, hijau dan unik ini Stacking Green, karena fasadnya dipenuhi tanaman hijau yang kuat dan vital," kata seorang arsitek Vo Trong Nghia, seperti dikutip dari My Interior Design, Jumat (17/2/2012).

Rumah tinggal berbentuk tabung ini memiliki lebar empat meter dan kedalaman 20 meter dengan fasad depan dan belakang terdiri dari dinding beton kantilever yang dilapisi tempat untuk tanaman dari dua sisi dinding. Jarak antara layer bangunan disesuaikan dengan tinggi tanaman yang bervariasi antara 25-40 cm.

Struktur rumah menggunakan kerangka batang RC yang banyak digunakan di Vietnam. Interior rumah ini juga menggunakan sangat sedikit dinding partisi agar pemilik bisa dengan leluasa melihat ke luar dari segala sudut rumah dan menciptakan kesan lapang.

Dengan ketinggian dan jenis tanaman yang berbeda, maka sinar matahari yang masuk ke dalam rumah juga menciptakan efek bayangan indah pada dinding granit setebal dua senti dalam rumah. Selain itu, tanaman juga melindungi rumah dari sinar matahari langsung, polusi, dan kebisingan jalan. Untuk perawatan tanamannya digunakan sistem pipa pengairan otomatis yang ditanami di sekitar tanaman.

Rumah hijau ini seakan mendefinisikan kembali tata cara penghijauan yang lebih baik dan teratur sebagai karakter masayarakat kota Saigon, yang memiliki popoulasi terpadat di Vietnam. Mungkin juga rumah Stacking Green ini dapat menjadi inspirasi baru untuk desain rumah tinggal yang hijau dan asri bagi Anda.



SUmber ; www.property.okezone.com/inspirasi-rumah-tinggal-hijau

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar