Jumat, 10 Februari 2012

Jangan Sembarangan Pilih Model Pintu

detail berita
Foto: Jangan sembarang pilih pintu/ bestshediver.com
MEMILIH model pintu tidak boleh asal-asalan. Sebab, model pintu kini dapat menunjang estetika rumah dan bermakna istimewa. Jika tidak pas dipilih, maka dapat merusak keseluruhan gaya hunian.

Pintu merupakan salah satu elemen penting dalam mendesain hunian.Karena posisinya berada di bagian depan dan yang pertama kali dilihat tamu,model pintu mesti dipilih yang cantik dan menarik perhatian.

Jika zaman dulu pintu hanya berfungsi sebagai perantara antara luar bangunan dan dalam, atau penghubung antara satu ruangan dan ruang lainnya sekaligus untuk menjaga privasi penghuni, kini pintu bisa menambah nilai estetika.

Sekarang, dengan semakin berkembangnya teknologi,semakin memungkinkan munculnya beragam jenis, desain, ukuran,dan bahan daun pintu. Meski begitu,masih banyak orang yang menyepelekan fungsi pintu untuk menambah keindahan hunian. Padahal, jika jenis pintu tidak pas, gaya rumah secara keseluruhan tidak akan terlihat menawan.

Karena itu, perlu ada pertimbangan secara artistik dalam memilih pintu. "Desainer interior nomor wahid selalu menjadikan pintu prioritas," kata Brian Patrick Flynn, desainer interior Amerika Serikat dan pendiri Decordemon.com.

"Jika Anda memandang apartemen Fifth Avenue di New York City,Anda mungkin akan jatuh cinta dengan model pintu mereka karena menggabungkan arsitektur dengan dekorasi yang membuatnya benar-benar istimewa," lanjutnya,seperti dilansir Associated Press.

Namun, banyak di antara kita yang mengabaikan keberadaan pintu di rumah dan tidak menyadari bahwa pintu dapat membuat perbedaan yang signifikan pada tampilan kamar. Entah gaya rumah Anda tradisional atau modern,halus atau tegas,memperbaiki pintu bisa membuat kamar Anda berubah semakin indah. Kebanyakan model pintu rumah memilih arah bukaan ke dalam.

Dulu, rumah bukan sekadar tempat berlindung dari cuaca,juga berfungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan musuh. Waktu itu pintu yang membuka ke dalam berfungsi sebagai barikade terhadap musuh, pencuri, dan tamu yang tidak diundang. Namun sebaliknya, pintu utama yang memiliki arah bukaan keluar akan mengusir rezeki dan tamu, juga dapat berakibat penghuni rumah jatuh miskin.

Sekarang,karena situasi cuaca tidak menentu,banyak rumah yang memiliki pintu ganda di depan. Pintu tersebut dirancang sedemikian rupa hingga suhu ruangan dapat disesuaikan dengan keinginan penghuni. Emily Henderson, pembawa acara Secrets from a Stylist diHGTV,memakai pintu sebagai kanvas untuk apa saja mulai kertas wallpaper,stensil,lukisan bertekstur,hingga memasang helaian benang emas.

"Pintu yang dihias dapat memancarkan sedikit kejutan gemerlap dan memberikan tambahan nuansa dalam elemen arsitektur," tuturnya. Untuk memulainya,tanya diri sendiri perubahan yang ingin Anda lihat di bagian pintu Anda.

"Kadang-kadang Anda ingin pintu yang tersamar atau tak tampak,dan bercampur serasi dengan ruangan," sebut Henderson.

Namun, kali lain Anda suka menginginkan "ledakan" warna atau tekstur untuk menarik perhatian. "Cat pintu dengan warna tegas atau kontras dengan cepat bisa membuat pintu menjadi bintang dalam sebuah ruangan," kata Flynn. Coba cat pintu dengan nuansa putih,dan biarkan kering sedikitnya satu hari.

Lalu, tempel isolasi untuk mengecat di sejumlah area yang ingin Anda buat sebagai aksen, dan cat pintu keseluruhan dengan warna lain.Setelah melepas isolasi, bersihkan daerah yang kurang sempurna dengan sikat kecil. Pilihan lain yang disukai Flynn adalah pintu yang dilapisi kulit atau cetakan geometris di kain untuk memperlihatkan kehalusan dan gaya.

Jangan lupa untuk menggabungkan keseluruhan gaya rumah Anda ke dalam model pintu.Jika Anda ingin gaya kohesif di seluruh rumah,cobalah cat setiap pintu dengan warna sama dan tambah aksesori masing-masing dengan perlengkapan yang modis.



Sumber : www.property.okezone.com/jangan-sembarangan-pilih-model-pintu

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar