Selasa, 07 Februari 2012

Kemenpera Gandeng PT Newmont Bangun Rumah Swadaya

detail berita
Predir PT Newmont, Martono Hardiyanto (Foto: Dok.Kemenpera)
SUMBAWA BARAT - Dalam kunjungannya ke Sumbawa Barat kemarin, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz selain bertemu langsung dengan masyarakat yang memiliki hunian tidak layak huni, juga bertandang ke PT Newmont Nusa Tenggara.

Di hadapan media dan perwakilan Newmont serta pemerintah daerah Sumbawa Barat, Djan mengungkapkan bahwa salah satu pogram dalam menuntaskan rumah tidak layak huni adalah dengan menggandeng perusahaan-perusahaan besar.

"Ya, ini inisiatif saya. Di Newmont, saya akan membuat paparan program Kemenpera untuk mewujudkan rumah swadaya yang layak huni dengan menggandeng pihak swasta dan masyarakat luas. Kalau cuma mengandalkan pemerintah saja, kita tidak akan mampu," urainya.

Di hadapan Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara, Martiono Hardiyanto dan Manajer Operasional PT Newmont David Leley, Menpera Djan mengungkapkan beberapa tantangan  yang dihadapi Kemenpera dalam mewujudkan rumah swadaya.

"Anggaran yang terbatas, itu sudah pasti jadi masalah utama. Kurangnya kepedulian pemerintah daerah, minimnya data rumah yang tidak layak huni, SKPD (Satuan Kerja Perankat Daerah) yang belum ada, sumber daya manusia yang masih minim dan kelembagaan Menpera yang masih kluster 3 atau hanya membuat kebijakan saja, namun tidak bisa mengoperasionalkan kebijakan tersebut adalah beberapa masalah lain yang dihadapi Kemenpera," papar Djan.

Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggera Martiono Hardiyanto menanggapi positif upaya pemerintah untuk menggandeng pihak swasta dalam menuntaskan rumah rakyat yang tidak layak dihuni.

"Sudah merupakan tanggungjawab sosial kami untuk membantu program-program pemerintah. Kami hanya butuh dukungan dan doa dari semua pihak dan member selamat atas penandatanganan MoU antara pemerintah dan PT Newmont dalam upaya pengentasan rumah tidak layak huni di Kabupaten Sumbawa Barat ini," ucap Martiono.

Setali tiga uang dengan Presdir Newmont, Bupati Sumbawa Barat KH DR Zulkifli Muhadli juga menyambut positif upaya Menpera membantu pemerintah daerah dalam penuntasan rumah tidak layak huni.

"Insya Allah, kalau kerja sama ini berjalan lancar, di tahun 2012 ini, Kabupaten Sumbawa Barat bebas rumah tidak layak huni. Dan kami juga berterima kasih kepada PT Newmont yang mau membantu," kata Zulkifli.


Sumber : www.property.okezone.com/kemenpera-gandeng-pt-newmont-bangun-rumah-swadaya

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar