Selasa, 14 Februari 2012

Lebih Jeli Memilih Wadah Plastik



Produk plastik sebagai wadah makanan yang beredar di masyarakat saat ini sangat beragam, mulai dari warna, bentuk, fungsi, kualitas hingga harga. Setiap produk menawarkan kelebihannya masing-masing, sehingga para konsumen dituntut memilih dengan jeli.

Sudah seharusnya kita melakukan hal itu. Pasalnya, memilih wadah makanan yang terbuat dari plastik bukanlah perkara remeh. Salah pilih, kesehatan pemakai menjadi taruhannya. Apalagi, kebanyakan pemakainya adalah anak-anak yang memakai wadah bekal atau botol air minum ketika berada di sekolah.

Sebaiknya, orangtua memang tidak memilih wadah makanan hanya karena bentuk dan warnanya yang bagus atau harganya murah semata. Pilihlah yang aman bagi kesehatan.

Sekilas, memang semua wadah plastik tampak sama. Namun, tidak perlu cemas karena membedakan wadah plastik yang aman dan berbahaya bagi kesehatan ternyata tidak sulit. Simak tanda-tanda aman dan tidaknya ketika Anda membeli kemasan plastik ini:

Garpu dan gelas

Ketika memilih, perhatikan tanda-tanda yang terdapat di bagian bawah wadah. Bila terdapat gambar garpu dan gelas, wadah plastik itu aman digunakan untuk makanan atau minuman.

Panah

Kemudian, jika ada gambar tiga panah yang menghasilkan bentuk segitiga dengan angka lima di dalamnya berikut tulisan "PP" di bawah segitiga, wadah tersebut juga aman.

Food grade

Selain itu, tanda yang menyatakan wadah plastik aman digunakan adalah tulisan food grade atau approved by FDA.

Merek paten

Sebaiknya, hindari membeli produk yang sama sekali tidak memiliki merek atau tanda. Bahkan, pastikan juga merek wadah plastik yang Anda beli telah dipatenkan sebab banyak ditemukan wadah plastik dengan merek yang belum dipatenkan dijual ke masyarakat. Definisi merek paten sendiri berarti telah lulus uji standar kualitas dan produknya aman digunakan.

Daya tahan

Kenali juga tanda-tanda lain yang terdapat di bawah wadah karena wadah makanan yang aman pun memiliki daya tahan yang berbeda. Ada wadah plastik yang dapat digunakan di microwave, ditandai dengan gambar garis bergelombang di dalam kotak.

Sementara itu, wadah plastik yang tertera gambar dua garis horizontal yang terdapat di dalam kotak aman digunakan di oven. Kendati wadah plastik yang Anda pilih adalah wadah yang aman, ada baiknya tidak mengisinya dengan makanan atau minuman panas serta beraroma tajam. Hal ini supaya wadah plastik Anda tidak cepat rusak penampilannya dan tahan lama digunakan.

Nah, selamat memilih wadah plastik yang aman dan sesuai kebutuhan Anda.

Sumber : www.properti.kompas.com/Lebih.Jeli.Memilih.Wadah.Plastik

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar