Kamis, 09 Februari 2012

Masterpiece Baru Arsitek Perempuan Irak

detail berita
London Aquatic Center (Foto: Dok. Zaha Hadid Architecture)
LONDON - Dalam dunia Arsitektur, sosok perempuan yang satu ini sudah sangat familiar. Dia adalah Zaha Hadid, arsitek berkebangsaan Irak yang telah melang melintang di kancah internasional. Karya-karyanya terbilang unik dan selalu menjadi landmark baru bagi kota atau negara yang bersangkutan.

Sebut saja Signatute Tower atau yang juga dikenal sebagai The Dancing Tower di Dubai yang diluncurkan 2006 lalu, adalah salah satu mahakarya perempuan kelahiran Bagdad Irak, 31 Oktober 1950 ini. Zaha Hadid memang arsitek yang secara konsisten menyatukan wilayah arsitektur dan desain perkotaan yang modern.

London Aquatic Centre adalah karya terbaru arsitek Zaha Hadid yang terkenal dengan desain arsitekturnya yang unik. London Aquatic Centre adalah tempat penyelenggaraan perlombaan renang, menyelam, renang indah, dan polo air untuk London 2012 Olympic Games dengan kapasitas 17. 500 orang.

Inspirasi awal bangunan ini adalah dari pergerakan air yang mengalir dan mengelilingi lingkungan sekitarnya. Dapat dilihat pada bentuk atap bangunan yang terlihat seperti gelombang air. Demikian seperti dikutip dari laman Yossawat, Kamis (9/2/2012).

Atap bangunan ini terbuat dari aluminium berlapis baja dengan panjang 160 meter dan lebar 90 meter pada rentang terlebarnya. Tiga kolom utamanya menyangga 3.000 ton struktur atapnya. Pada interiornya terdapat 850.000 ubin yang menutupi kolam renang, ruang ganti, dan lantainya. Volume air yang bisa ditampung pada kolam renang adalah sebesar 10 juta liter galon air.


Sumber : www.property.okezone.com/masterpiece-baru-arsitek-perempuan-irak

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar