Rabu, 15 Februari 2012

Menpera: Modal Rumah Murah Cuma Rp 25 Juta



PEKANBARU,Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan faridz kembali menegaskan, bahwa rumah tipe 36 merupakan amanah undang-undang. Pihaknya sudah menyiapkan prototip rumah sederhana tipe 36 tersebut di lingkungan kantor Kemenpera.

"Dindingnya dari beton. Jika dihitung sampai jadi, modalnya cuma Rp 25 juta," ujarnya di Pekanbaru, Riau, Selasa (14/2/2012).

Yang pasti, tegas Djan, kementeriannya berusaha semaksimal mungkin mewujudkan rumah sejahtera, murah dan layak huni.

"Saya mencoba mengurangi biaya-biaya rumah hingga harga rumahnya hanya Rp 70 juta. Dari harga segitu, bila dibeli secara kredit, seharusnya DP yang dikeluarkan adalah Rp 11,5 juta rupiah. Setelah komponen-komponen biaya dikurangi, DP turun jadi Rp 7 juta. Cicilan juga ikut turun, dari Rp 650 menjadi Rp 550 ribu," papar Djan.

Djan melanjutkan, komponen asuransi sudah jadi tanggung jawab bank. Komponen-komponen biaya lainnya yang bisa dikurangi adalah biaya sertifikasi di BPN, pembebasan biaya perijinan IMB, gratis pemasangan listrik.

Djan berharap Pemda Riau mau membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk dibebaskan dari berbagai biaya perijinan. Pengembang bisa menjual rumah dengan harga murah karena tiap rumah diberi subsidi. Dibantu prasarana dan sarananya oleh pemerintah.

"Tiap rumah dibantu Rp 6 juta untuk prasarana jalan. Saya tidak mau mendengar, saat serah terima rumah dengan konsumen, prasarana dan sarana adi rusak," ucap Djan.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah mendapat dukungan penuh dari Ketua DPR RI Marzuki Alie soal negosiasi kredit suku bunga rendah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz makin percaya diri mempromosikan program-program kerja kementerian yang dipimpinnya.

Dukungan juga mengalir dari asosiasi-asosiasi pengembang. Padahal, pengembang dan perbankan satu suara menentang kebijakan-kebijakan Menpera soal Fasilitas Likuidasi Pembiayaan Perumahan (FLPP). Salah satu dukungan itu datang dari Ketua DPD Apersi (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia) Riau, Hermanto. 



Sumber : www.properti.kompas.com/Menpera.Modal.Rumah.Murah.Cuma.Rp.25.Juta

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar