Senin, 13 Februari 2012

Pakai Parket Kayu atau Parket Laminasi?



Penutup lantai parket kini banyak diterapkan dalam hunian. Kesan hangat dan natural yang tercipta, membuat material alternatif ini makin digemari. Parket sendiri ada yang jenisnya parket kayu engineerd dan parket laminasi. Manakah dari keduanya menarik untuk digunakan? Simak penjelasannya berikut ini!

Parket kayu "engineered"

Parket lantai kayu ini terbuat dari kayu asli dengan beberapa lapisan. Lapisan kayu dipasang dengan arah serat berlawanan agar lebih tahan terhadap tekanan mulai susut dan kelembaban. Parket kayu ini langsung diberi lapisan pelindung dengan proses UV Curing. Dimana, bagian bawahnya diberi lapisan pelindung agar tahan terhadap kelembapan.

Warna yang muncul dari parket ini sesuai jenis kayunya, antara lain kekuningan, kemerahan, coklat muda, serta cokelat tua. Màterial ini tersedia dalam ukuran mulai 90 x 10,2 sentimeter dan 92,5 x 10,2 sentimeter dengan ketebalan 12 milimeter. Pemasangannya dapat dibuat berpola batu bata, tangga, bahkan pola acak.

Pemasangannya relatif praktis karena tiap bilah papan parket telah dilengkapi lidah dan cekungan di keempat sisinya. Perawatan parket ini juga mudah, cukup dipel dengan kain berbahan lembut yang telah diolesi cairan perawatan kayu. Untuk menghindari goresan, lapisi furnitur diatasnya dengan karet agar parket lebih awet.

Parket laminasi

Bila dibandingkan parket kayu engineered, parket laminasi lebih terjangkau harganya. Hal ini karena bahan dasarnya adalah kayu olahan seperti HDF (High Density Fiberboard). Pada bagian bawah parket laminasi, biasanya diberi lapisan pelindung seperti melamin untuk menghindari kelembaban. Sementara pada bagian atas diberi lapisan motif kayu dengan sistem printing.

Karena memiliki lapisan printing, tampilannya dapat diubah seperti kayu dengan lebih banyak variasi warna dan motif serat kayu. Warna-warna yang dapat dipilih seperti bernuansa coklat mulai dari krem, coklat muda, coklat kekuningan, coklat kemerahan, hingga coklat tua. Ukurannya 138 x 19,3 sentimeter atau 121,5 x 19,6 sentimeter dengan ketebalan 8 milimeter atau 12 milimeter.

Sifat bahan ini lebih tahan air dibanding parket kayu solid, jadi selain dipasang didalam ruangan bisa pula untuk tampilan outdoor. Keuntungan lain, bila tak mau mengganti tanpa membongkar lantai, jenis ini bisa dipasang di atas lantai beton atau langsung di atas lantai keramik. Untuk perawatannya cukup singkirkan debu dengan sapu atau penyedot debu, kemudian bersihkan permukaan dengan kain lembab.


Sumber : www.properti.kompas.com/Pakai.Parket.Kayu.atau.Parket.Laminasi.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar