Jumat, 03 Februari 2012

Rancang Rumah Agar Tak Panas

detail berita
Ilustrasi : Getty Image
JAKARTA - Bila kita ingin membangun rumah di daerah panas, gunakanlah material yang berdaya serap panas. Lalu, perhatikan arah hadap rumah.

"Jika rumah kita menghadap barat, janganlah terlalu banyak membuat bukaan ke arah itu. Sebab, matahari sore lebih panas daripada sinar matahari pagi. Apalagi sinar matahari sore tidak bermanfaat bagi tubuh kita," ujar Haris.

Pertimbangan ini juga berlaku bagi pemilik rumah yang ingin membangun hunian menghadap ke timur. "Pada dasarnya rumah itu bagus jika menghadap utara atau selatan karena matahari berada di tengah-tengah.Jadi, tidak terlalu panas," imbuhnya.

Jangan lupa perhatikan vegetasi. Paling tidak, kita harus memiliki taman. Jika lahan rumah berukuran besar, buatlah 40%-nya sebagai taman. Sementara untuk halaman yang kecil, buat beberapa tanaman pot di dalam maupun di luar rumah.

"Kita harus menyuburkan tanaman-tanaman pelindung, seperti pohon buah atau tanaman tropis yang sifatnya rindang serta dapat memberi kesejukan," ujar Haris. Gunakan juga bahan-bahan alam untuk pelapis dinding. Contohnya batu alam karena bagian dari alam biasanya mempunyai sifat mendinginkan ruangan. Bisa juga dengan melapisi dinding menggunakan warna cat yang bisa meredam panas serta tidak memantulkan sinar matahari, seperti putih dan abuabu. Jangan abaikan konstruksi rumah, seperti penggunaan material atap dan bantalan udara.

Gunakan material atap seperti aluminium foil. Sementara bantalan udara adalah rongga yang berfungsi mengeluarkan panas dari samping. Biasanya bantalan udara berada di antara atap atas dan plafon. Selanjutnya, perhatikan tinggi plafon.

Biasanya rumahrumah besar kerap menggunakan plafon tinggi supaya sirkulasi udara lebih lancar. Sementara rumah minimalis dianjurkan menggunakan plafon berukuran tiga meter, namun tetap harus diseimbangkan dengan dimensi rumah. Gunakan furnitur atau aksesori yang dapat menyerap panas dan menyalurkan kesan dingin.

"Sebenarnya penggunaan furnitur tidak terlalu berpengaruh.Hanya, furnitur termasuk faktor pendukung sebuah rumah untuk memberi kesan nyaman," sebut Haris.


Sumber : www.property.okezone.com/rancang-rumah-agar-tak-panas

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar