Kamis, 10 Mei 2012

Jangan Remehkan Perawatan Pisau Dapur



Anda yang senang memasak tentu tahu betapa nyamannya menggunakan pisau dapur yang tajam. Berbagai keperluan memotong bisa dilakukan dengan lebih cepat dan pekerjaan menjadi lebih efisien.

Namun, seiring berjalannya waktu, pisau pun lambat laun akan tumpul. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari cara perlakuannya. Sebagai alat utama untuk mempersiapkan masakan di dapur, perlakuan dan perawatan yang tepat pada pisau dapat membuatnya lebih tahan lama. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan tersebut seperti berikut ini:

- Bersihkan pisau setelah selesai digunakan dengan menggunakan sabun dan air hangat untuk mengangkat setiap kotoran yang tersisa dan menempel dengan maksimal. Setelah itu, keringkan pisau agar tidak mudah berkarat.

- Asah pisau secara berkala dengan tetap mengikuti sudut lekukannya. Cara tradisional terbukti jitu, yaitu dengan menggosokkannya berulang kali pada batu atau cobek batu hingga ujungnya terasa tajam kembali. Asah pisau searah dengan dinding pisau hingga sudut ketajamannya landai. Semakin landai sudutnya, maka semakin tajam pula pisau tersebut.

- Dewasa ini pisau memiliki beragam varian dengan desain berbeda-beda untuk kebutuhan memotong yang juga beragam. Gunakan pisau sesuai karakteristiknya agar usia pemakaiannya bisa tetap lama. Sebagai contoh, pisau untuk mengiris daging tipis akan lebih cepat rusak kondisinya jika digunakan untuk memotong bagian-bagian daging yang keras atau memotong tulang. Menggunakan pisau sesuai dengan fungsinya juga untuk menjaga baut-baut pada pisau agar tetap dalam kondisi sempurna yang berpengaruh pada kenyamanan Anda saat menggunakannya.

- Simpanlah pisau di dalam laci dengan menggunakan sarung pisau khusus. Jika tidak ada sarung, Anda bisa menggunakan kertas yang keras dan cukup kaku untuk membungkusnya. Hal ini untuk menghindari adanya benturan dengan benda-benda lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan.

- Sebaiknya Anda tidak menyimpan pisau dalam kotak kayu, mengingat kayu dapat menyerap air. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya udara yang lembab dan lama-kelamaan dapat merusak kondisi pisau

Sumber : www.properti.kompas.com/Jangan.Remehkan.Perawatan.Pisau.Dapur

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar