Kamis, 05 Agustus 2010

Lah, Ada Perilaku yang Tidak Green

Lah, tanpa kita sadari, ternyata beberapa perilaku yang sehari-hari kita anggap lazim dilakukan, sama sekali tak mendukung penanggulangan bahaya pemanasan global.
Tentu, perilaku tersebut mesti kita raibkan. Dengan demikian, kita semua berperan serta memangkas tingkat pemanasan global.
Berikut ini beberapa perilaku nan tak ramah lingkungan tersebut :




  1. Tidak segera mencabut charger telepon genggam dari colokan listrik. Sebagian di antara kita acap lalai: tak mencabut charger telepon genggam dari colokan listrik dalam jangka waktu lama. Padahal, jelas bahwa dalam hal itu ada energi (listrik) yang mubazir. Jadi, saat baterei telepon genggam penuh, segeralah melakukan pencabutan tersebut.



  2. Tidak mematikan kran saat tengah menggosok gigi ataupun mencukur kumis di wastafel. Tahukah Anda bahwa menggosok gigi sementara air terus mengucur di kran, merupakan satu pemborosan? Bayangkan, dari situ, air yang terbuang percuma bisa mencapai 9 liter. Maka, rajinlah mengontrol pemakaian air saat menggosok gigi di wastafel, demikian pula saat mencukur kumis ataupun jenggot.



  3. Tidak menggunakan kantong plastik berulang kali. Jangan langsung buang kantong plastik yang Anda dapatkan usai membeli sesuatu dari toko ataupun warung. Simpan, dan gunakan berulang kali. Ingat: kantong plastik perlu waktu sangat panjang untuk didaur ulang Bumi. Oh, ya, lebih baik lagi bila Anda menggunakan kantong plastik belanja untuk dipakai berulang kali—berukuran besar—yang kini rajin ditawarkan di pasar swalayan.



  4. Melulu menggunakan selang saat mencuci kendaraan bermotor. Gunakan ember dan gayung untuk mencuci kendaraan bermotor, jangan melulu andalkan aliran air deras dari selang. Dengan cara ini, Anda mengirit penggunaan air bersih.



  5. Tidak menggunakan shower saat mandi. Sebenarnya, mandi dengan gayung lebih boros air ketimbang dengan shower. Alhasil, tatkala di kamar mandi Anda ada shower, gunakanlah.



  6. Tidak mematikan lampu ataupun peralatan elektronik yang tak digunakan. Kita semua mungkin sering melakukan hal tersebut, bahkan telah membiasakan hal tersebut. Bayangkan, televisi dibiarkan melulu hidup tanpa ada yang menonton. Atau, saat pergi untuk waktu lama, pendingin udara ataupun kipas angin di kamar terus beroperasi. Semua itu tentu berujung ke pemborosan energi (listrik): satu perilaku yang jelas tak ramah terhadap kesinambungan Bumi kita tercinta.

Dhit/Berbagai Sumber

Foto: Gettyimages/ Mcmillan Digital Art

Tidak ada komentar:

Posting Komentar