Senin, 30 Januari 2012

CHIP House, Rumah Bagai Kasur nan Hemat Listrik

detail berita
Foto: CHIP House/ gizmagz.com
JAKARTA - Konsep rumah ramah lingkungan sepertinya sudah banyak yang menerapkan. Desainnya pun hampir sama, yakni menggunakan panel surya sebagai penyerap energi matahari dan disimpan sebagai pembangkit listirk.

Namun, ada yang unik dari rumah hemat energi berikut ini. Selain bentuknya yang seperti kasur, rumah ini menggunakan teknologi tertentu guna memenuhi energi yang dibutuhkan sehari-hari.

Compact Hyper-Insulated Prototype House (rumah CHIP), merupakan rumah yang diklaim tidak membutuhkan aliran listrik yang biasanya difasilitasi pemerintah (PL) sama sekali karena semua kebutuhan listrik didapat dari panel surya yang dipasang diatasnya.

Pada bagian yang serupa kasur itu juga memiliki fungsi tertentu, yaitu bisa mengontrol suhu dalam ruangan. Demikian seperti yang dikutip dari laman Otakku, Senin (30/1/2012),

Rumah berukuran 70 meter persegi ini juga dilengkapi dengan Microsoft Kinect yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan peralatan listrik melalui gerakan seseorang (motion control).

Sementara untuk pembuangan udara panas yang berasal dari pengkondisi udara (AC), digunakan untuk menghasilkan air panas dan juga terdapat sensor otomatis yang bisa menutup gorden ketika suhu di dalam ruangan menjadi hangat.

Semua sistim yang ada juga bisa dikontrol melalui ponsel atau tablet yang memungkinkan pengendalian pemakai dengan bantuan internet. Sehingga rumah aman dari penggunaan energi berlebihan walau pun Anda lupa mematikan lampu atau lainnya ketika berpergian.

Kemudian untuk panel surya yang digunakan, dibantu dengan bantuan alat penghemat listrik yang ada membuat CHIP House bisa menghasilkan listrik tiga kali lebih besar dibanding kebutuhannya sendiri.

CHIP House merupakan proyek kerjasama antara lebih dari 100 mahasiswa dari Caltech dan Sci-Arc dan menghabiskan dana sekitar USD1 juta atau sekira Rp8,9 miliar.


Sumber : www.property.okezone.com/chip-house-rumah-bagai-kasur-nan-hemat-listrik

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar