Jumat, 17 Februari 2012

Bangun Teras Tak Perlu Material Mahal

detail berita
Foto: Teras rumah/ archithings.com
JAKARTA - Sepertinya sudah menjadi anggapan umum, jika ingin membangun sesuatu pada rumah, Anda memerlukan material yang mahal. Namun, jika hanya ingin membangun teras, material yang digunakan sesungguhnya tidak perlu terlalu mahal.

Teras rumah harus dibuat senyaman mungkin. Pasalnya, teras rumah tidak hanya memiliki fungsi sebagai ruang terbuka hijau, tetapi juga sebagai ruangan fungsi sosial antara sesama penghuni rumah.

Untuk itu, berikut elemen apa saja yang bisa membuat teras rumah Anda lebih nyaman dan sesuai dengan fungsinya, seperti disitat dari blog arsitektur Architectaria, Jumat (17/2/2012):

Pemilihan Material Untuk Langit-Langit

Untuk bidang langit-langit di area teras atau beranda rumah Anda, coba pertimbangkan material-material alami seperti kayu, rotan, bambu atau anyaman dari kulit rotan dan anyaman bambu.

Untuk mempercantik langit-langit diarea teras rumah Anda, tidak harus mengeluarkan uang yang banyak dengan membeli material yang mahal. Anda bisa menggunakan sisa-sisa potongan palet dari kayu jati Belanda. Biasanya kayu ini dipakai untuk packaging. Anda bisa membelinya dengan harga murah dan menatanya sedemikian rupa untuk menghasilkan tampilan yang menarik di bagian langit-langit. Untuk menambah cantik tampilannya, lapisi kayu tersebut dengan pelitur atau varnish.

Penggunaan unsur-unsur alami seperti kayu atau bambu tentu akan membuat teras atau beranda rumah anda tampil lebih artistik dibanding jika langit-langitnya hanya menggunakan bahan konvensional seperti beton ekspose, gypsum atau multiplex.

Pemilihan Perabot Pengisi Teras atau Beranda

Perabot pengisi sekaligus penghias teras atau beranda rumah Anda, harus dibedakan dengan perabotan pengisi interior.

Untuk perabot (furnishings) pengisi interior ruangan kebanyakan dari Anda pasti akan memilih perabot dengan finishing maupun tekstur yang halus.  Hal ini dilakukan karena daya tarik dari perabot interior terletak pada tingkat kehalusan tekstur maupun finishingnya. Sementara untuk perabot di area semi outdoor seperti teras atau beranda, Anda tidak membutuhkan perabot yang terlalu halus. Yang Anda butuhkan adalah perabot dengan tingkat kekuatan dan daya tahan terhadap cuaca yang tinggi.

Gambar Meja dan Kursi Untuk Teras atau Beranda Rumah


Pilih perabot pengisi teras atau beranda yang berbahan dasar logam, kayu solid, rotan, bambu, atau gerabah. Anda bisa menggunakan satu set meja dan kursi berbahan dasar besi tempa atau meja dan kursi dari hasil olahan akar jati atau akar ulin.

Kayu bekas yang didaur ulang akan tampak indah sekaligus unik jika Anda mampu mengolah dan menatanya dengan baik. Penggunaan perabot dari besi tempa dan sisa-sisa olahan kayu jati atau ulin selain indah, unik namun juga kuat terhadap perubahan cuaca di luar ruangan.

Penggunaan meja kursi dari bahan bambu atau rotan juga banyak dijumpai pada area teras atau beranda. Seperti halnya besi tempa atau kayu olahan dari limbah ulin atau jati, rotan dan bambu yang sudah ditreatment dengan baik cukup tahan terhadap cuaca di luar ruangan. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan kenyamanan ketika Anda duduk dan bersandar di kursi berbahan bambu atau rotan.

Gunakan bantalan kursi sebagai alas duduk dan sandaran dikursi rotan Anda. Sebaiknya bantalan cukup mudah untuk dilepas dan dipasang, sehingga jika bantalannya kotor, Anda akan mudah untuk membersihkannya.

Pertimbangkan juga untuk menggunakan aksesoris tambahan, Anda bisa menambahkan lampu dinding atau lampu yang digantung di langit-langit teras atau beranda rumah Anda. Floor lamp dari kayu, rotan dan fabric dapat juga dijadikan aksesoris untuk mempercantik area teras atau beranda rumah Anda.

Pot bunga atau vas berukuran besar dari tanah liat (gerabah) yang diisi dengan bambu atau ranting kering bisa Anda sandingkan dengan meja kursi kayu berbahan dasar rotan akan membuat teras atau beranda Anda terlihat lebih cantik.


Sumber  : www.property.okezone.com/bangun-teras-tak-perlu-material-mahal

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar