Rabu, 29 Februari 2012

Kenali Jenis Genteng untuk Rumah

detail berita
Foto: Genteng/ ist
JAKARTA - Atap merupakan salah satu elemen penting pada rumah Anda. Atap rumah tidak hanya melindungi seluruh rumah dari panasnya sengatan matahari, tetapi juga melindungi dari derasnya hujan.

Material untuk atap rumah (genteng) sendiri pun beragam. Berikut ini merupakan berbagai jenis genteng yang umumnya dipergunakan untuk atap rumah, seperti dilansir dari blog arsitektur Architectaria, Selasa (28/2/2012):

a. Genteng Tanah Liat
Material ini umumnya banyak digunakan sebagai genteng rumah. Terbuat dari tanah liat yang di-press dan dibakar. Dalam pemasangannya membutuhkan rangka dan dipasang pada atap yang miring. Sistem pemasangannya saling mengunci dan mengikat atau inter-locking system.

b. Genteng Metal
Genteng ini terbuat dari lembaran mirip seng. Pemasangannya tidak jauh beda dengan genteng tanah liat. Bisa juga ditanam pada gording rangka atap dengan menggunakan skrup. Tersedia ukuran yang bervariasi dengan lebar 600-1.200 mm, dengan ketebalan 0,3 mm dan panjang 1,20–12 meter.

c. Genteng Keramik
Bahan dasar genteng ini adalah keramik tetapi telah mengalami proses finishing glazur. Jenis genteng ini menampilkan kesan modern. Tersedia dalam beragam warna dan ukuran. Genteng ini bertumpu pada rangka kayu dan beton.

d. Genteng Aspal
Bahan material terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Ada yang model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Sedangkan Multipleks dan rangka dikaitkan dengan skrup dan genteng aspal dilem ke papan. Sedang model yang bergelombang cukup diskrup pada gording.

e. Genteng Kaca
Pada umumnya genteng kaca dipasang hanya pada bagian tertentu dari atap karena fungsinya sebagai penerangan alami. Seiring dengan berkembangnya dunia desain saat ini genteng kaca banyak diaplikasikan menggunakan kaca datar dengan rangka untuk memberi kesan modern dan minimalis.


Sumber : www.property.okezone.com/kenali-jenis-genteng-untuk-rumah

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar