Jumat, 24 Februari 2012

Pilih Investasi di Kawasan Ekspatriat atau Pecinan?


Berinvestasi dengan melihat potensi kawasan yang akan diinvestasikan sangat disarankan. Potensi berbasis ekonomi misalnya, dapat menjadi motor penggerak tumbuhnya permintaan properti di kawasan tersebut.

Pengamat properti Panangian Simanungkalit dalam bukunya "Rahasia Menjadi Miliarder Properti", mengatakan, semakin sesuai investasi Anda dengan basis ekonomi kawasan tersebut, semakin prospektif pula semua jenis investasi properti. Misalnya, pilihan Anda berinvestasi di kawasan dengan lokasi area ekspatriat yang banyak dihuni orang asing.

Di Jakarta, secara umum kawasan ekspatriat berlokasi dekat perkantoran perusahaan multinasional seperti kawasan segitiga emas Jakarta, Jalan TB Simatupang, dan Jalan Kemang Raya. Untuk kawasan hunian, ekspatriat umumnya tinggal seperti di Kemang, Permata Hijau, atau Kelapa Gading.

Basis ekonomi kawasan ekspatriat adalah jasa, perdagangan, dan bisnis bersifat ritel. Maka, kawasan ini prospektif sebagai lokasi investasi rumah, town house, apartemen, ruko, rukan, atau jenis properti komersial lainnya.

Ekspatriat yang menyewa dengan harga cukup tinggi umumnya berasal dari Jepang, Amerika, Eropa, dan Korea. Kebanyakan dari mereka tinggal di Kemang, Pondok Indah, Cipete, dan Kebayoran Baru.

Di sisi lain, kawasan basis ekonomi seperti Pecinan, juga menarik dilirik. Daerah yang banyak dihuni kaum pedagang etnik Tionghoa ini umumnya terletak di Jakarta Barat dan Utara. Basis ekonomi kawasan ini campuran antara jasa, perdagangan, dan bisnis ritel. Maka, kawasan pecinan prospektif untuk lokasi investasi rumah, kondominium, ruko, rukan, dan properti komersial.

Untuk ruko, daerah yang cenderung mengalami peningkatan harga paling tinggi saat ini adalah kawasan Jakarta Barat dan Utara. Sebagaian besar ruko yang prospektif berada di pinggir jalan arteri, seperti Jalan Panjang, Jalan Daan Mogot Raya, Tanjung Duren di Jakarta Barat. Sementara di Utara, kawasan menarik untuk investasi contohnya adalah Pluit, Sunter, dan Kelapa Gading.



Sumber: www.properti.kompas.com/Pilih.Investasi.di.Kawasan.Ekspatriat.atau.Pecinan.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar