Rabu, 01 Februari 2012

Ekspresi Dinding Ruangan

JAKARTA - Siapa bilang mengekspresikan ruangan hanya bisa dilakukan lewat furnitur dan aksesori? Anda juga bisa mengekspresikannya melalui dinding. Salah satunya dengan dinding dekoratif.

Sebagai salah satu elemen ruangan, dinding memiliki fungsi utama membatasi ruang yang satu dengan yang lain. Tidak hanya itu,dinding juga bisa mempertegas teritori serta membentuk atmosfer di dalam ruangan. Lewat tampilan dinding yang lebih atraktif, akan tercipta suasana hangat, akrab, dan nyaman dalam sebuah ruangan.

Padu-padan material dinding juga bisa menampilkan kesan dan ekspresi berbeda dalam satu ruangan. Misalnya untuk menciptakan kesan luas atau menampilkan sentuhan gaya interior tertentu. Desainer interior Ari Indra menuturkan, dinding adalah pembatas ruangan sekaligus sekat pembentuk rumah. Dinding dapat dikreasikan menjadi lebih dekoratif agar dapat mempercantik tampilan ruangan.

"Pengolahan dinding bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai aplikasi keramik, wallpaper, panel, hingga bermain warna, motif, dan tekstur. Bila ingin tampil lebih natural, gunakan ekspos material seperti kayu, bambu, batu bata, atau semen," ujar Ari.

Anda pun harus mencermati material penutup dinding yang bakal digunakan karena hal tersebut turut mepengaruhi fungsi ruang. Ambil contoh di ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar tidur, Anda dapat menggunakan wallpaper sebagai pemanis tampilan dinding. Sebaliknya, hindari penggunaan wallpaper di area basah dan lembab, semisal kamar mandi.

Jika Anda penyuka lukisan, mungkin ada baiknya mengaplikasikan teknik pengecatan dinding atau material dinding kayu. Menurut Ari, kayu bisa dijadikan material dinding dekoratif karena tekstur serta gurat kayu itu indah dan berkesan lebih alami.Tidak harus menggunakan kayu solid, multipleks yang dilapisi veneer juga boleh digunakan supaya dinding lebih terlihat alami. Aplikasi kayu penutup dinding bisa Anda kreasikan sebagai lemari built-in, ambalan, atau cerukan.

Sebagai elemen dekoratif, kayu bersifat fleksibel karena bisa dibentuk dan difungsikan dengan berbagai finishing. Misalnya lapis veneer elamik, pelitur, atau dicat aneka warna.


Sumber : www.property.okezone.com/ekspresi-dinding-ruangan

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar