Selasa, 21 Februari 2012

Plantagon, Greenhouse Tertinggi Pertama di Dunia

detail berita
Foto: Plantscrapper Swedia/ inhabitat.com
JAKARTA - Ketika banyak negara seakan berlomba untuk membanguan pencakar lagit (skyscrapper) dengan konsep bangunan mixed-used dan modern, Swedia malah membangun plantscrapper atau sebuah bangunan greenhouse tertinggi yang berfungsi sebagai perkebunan modern.

Beberapa tahun belakangan, pembangunan plantscrapper dengan nama Plantagon ini memang sudah direncakan oleh perusahaan Swedia-Amerika. Perusahaan ini ingin membuat sebuah bangunan yang merupakan cerminan dedikasi mereka terhadap lingkungan dan modernitas arsitektur.

Seperti dlansir laman inhabitat, Selasa (21/2/2012), pencakar langit yang berisikan tanaman di dalamnya ini akan menghiasi langit urban di jantung kota Swedia.

Guna menunjukkan keseriusannya, Plantagon telah melakukan grounbreaking pada minggu lalu di Linkoping, Swedia. Dijadwalkan, bangunan ini rampung dalam waktu 16-18 bulan.

Gedung hijau ini rencanannya tidak hanya akan menjadi ikon baru Swedia, tetapi juga diprediksi akan menjadi lumbung makanan berupa sayuran hijau yang mampu menghidupi seluruh kota.

Tidak hanya Plantagon, Swedia juga berencana untuk membangun satu lagi greenhouse dengan bangunan berstruktur geodesik (kubah) pertama di dunia dengan nama International Center of Excellence for Urban Agriculture.

Tidak hanya menjadi kubah greenhouse pertama di dunia, bangunan tersebut juga akan berfungsi sebagai laboratorium penelitian tanaman.



Sumber : www.property.okezone.com/plantagon-greenhouse-tertinggi-pertama-di-dunia

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar