Rabu, 22 Februari 2012

Ini Dia Hotel-hotel 'Terlantar' BUMN yang Bakal Dirombak


ilustrasi

Jakarta - Pemerintah akan meningkatkan kinerja hotel-hotel BUMN, yang selama ini sebagian besar berkondisi buruk. Hotel-hotel ini akan dijadikan satu jaringan perhotelan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan berandai-andai, bila seluruh hotel yang dimiliki BUMN bersatu dan membentuk jaringan, bisa menjadi grup hotel terbesar di Indonesia.

Menurutnya, saat ini hotel-hotel yang dimiliki BUMN berjalan atau dikelola secara sendiri-sendiri. Padahal, cukup banyak perusahaan BUMN yang memiliki hotel.

"Ini membuat kesan di publik, BUMN saling bertabrakan," kata Dahlan beberapa waktu lalu.

Berikut hotel-hotel BUMN yang dimiliki sejumlah BUMN yang bergerak atau ikut mendalami bisnis perhotelan:

1. PT Hotel Indonesia Natour selain memiliki Hotel Indonesia di Jakarta yang kini bekerjasama dengan Kempinski, perseroan juga memiliki jaringan 12 hotel berbintang tiga, empat, dan lima, yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Dua hotel bintang lima terdapat di Bali, yakni Inna Grand Bali Beach (Sanur) dan Inna Putri Bali (Nusa Dua). Sedangkan yang berbintang empat, yakni Inna Kuta Beach (Kuta), Inna Muara (Padang), Inna Garuda (Yogyakarta), dan Inna Samudera Beach (Pelabuhan Ratu).

Sedangkan enam hotel lainnya berbintang tiga, yakni Inna Shindu Beach (Sanur), Inna Bali (Denpasar), Inna Simpang (Surabaya), Inna Tretes (Jatim), Inna Parapat (Danau Toba), dan Inna Dharma Deli (Medan).

2. PT Pertamina, perusahaan BUMN yang bisnis intinya pertambangan minyak dan gas ternyata juga ikut mengelola hotel melalui anak usahanya, PT Patra Jasa. Patra Jasa diketahui mengoperasikan tujuh hotel yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Bali, Parapat, dan Anyer, di antaranya The Patra Bali Resort & Villa dan Patra Parapat Lake Resort yang terletak di Danau Toba, Sumatera Utara.

Perusahaan juga mengoperasikan gedung perkantoran, Patra Office Tower di Jalan Gatot Subroto Jakarta, penyewaan rumah Patra Residential yang terdiri dari 132 rumah dan kaveling di Kuningan, Jakarta Selatan dan ruang perkantoran di Menara Sudirman,Jakarta.

3. PT Garuda Indonesia Tbk, melalui anak usahanya PT Aerowisata saat ini memiliki 13 hotel dan akan bertambah empat hotel lagi di tahun ini. Di antara hotel tersebut yakni Aerowisata Sanur Beach Hotel, Aerowisata Senggigi Beach Hotel, dan Aerowisata Grand Hotel Preanger Bandung.

4. Perusahaan konstruksi PT PP Tbk juga berniat memperluas jaringan bisnis hotelnya, dengan membangun 11 hotel untuk tiga tahun ke depan. Tahun ini, akan dibangun sejumlah hotel di Bandung, Semarang, Surabaya, Padang, dan Makassar.

Nantinya, hotel-hotel tersebut akan berada di bawah asuhan manajemen Park Hotel. Hotel Patria Park adalah satu-satunya hotel milik PT PP yang terletak di Cawang, Jakarta.




Sumber : www.finance.detik.com/1016/ini-dia-hotel-hotel-terlantar-bumn-yang-bakal-dirombak

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar