Kamis, 03 Mei 2012

PT Pos Revitalisasi Asetnya Jadi Hotel dan Super Market



JAKARTA, PT Pos Indonesia (Persero) akan merevitalisasi aset properti yang dimiliki untuk dijadikan usaha properti berupa hotel dan jaringan super market. Mulai tahun ini PT Pos akan menambah fokus bisnisnya di bidang properti.

"Nilai aset properti Pos Indonesia mencapai sekitar Rp 5 triliun. Ini akan dimanfaatkan untuk dikelola bersama dengan pihak swasta," kata Direktur Utama Pos Indonesia, I Ketut Marjana, usai menjadi pembicara pada acara CEO-Power Meeting II BUMN Marketers Club, di Gedung Pos, Jakarta, Rabu (2/5/2012).

Menurut Ketut, saat ini dari sekitar 2.200 unit aset berupa gedung, sebanyak 200 titik di antaranya sudah diverifikasi.

"Banyak aset Pos Indonesia yang belum termanfaatkan, sehingga akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk mendorong bisnis perseroan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, dalam waktu dekat PT Pos akan menjadikan sejumlah asetnya menjadi hotel dan super market. Untuk hotel, Pos Indonesia akan bekerja sama dengan manajemen Hotel Amaris yang pada tahap awal direalisasikan membangun dua unit hotel di kota Bandung. Meski demikian, Ketut tidak merinci lebih lanjut total nilai investasi yang akan dibelanjakan perusahaan dalam rangka diversifikasi bisnis tersebut.  

Menurut Ketut, rencana perseroan untuk masuk ke bisnis properti sudah melalui kajian mendalam. Pada setiap hotel dan super market yang dimiliki Pos Indonesia nantinya juga akan terdapat semacam gerai yang menyediakan jasa-jasa pos. Ia mengatakan, diversifikasi bisnis ke usaha properti tersebut merupakan bagian dari upaya perseroan tetap dapat menjaga branding Pos Indonesia.

"Telah terjadi pergeseran, bahwa bisnis Pos Indonesia tidak lagi didominasi pengiriman surat dan pengiriman barang, namun dikembangkan juga ke dalam jasa pengiriman uang, dan e-commerce," ujarnya.

Ketut mengakui, PT Pos banyak belajar dari negara Korea, Jepang, maupun Australia yang sukses merevitalisasi perusahaan pos. Umumnya perusahaan jasa pos di negara-negara tersebut sukses mengembangkan jasa e-commerce, pengiriman uang dari perbankan juga banyak disalurkan lewat pos.

Dia menjelaskan, untuk menuntaskan revitalisasi bisnis tersebut, Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham Pos Indonesia sudah mendelegasikan kepada direksi dan komisaris. Pada tahun ini PT Pos Indonesia menargetkan pendapatan sebesar Rp 3,4 triliun, naik sekitar 11 persen dari pendapatan 2011. Sedangkan laba bersih 2012 diperkirakan mencapai Rp 182 miliar, naik dari tahun 2011 sekitar Rp 145 miliar.


Sumber : www.properti.kompas.com/PT.Pos.Revitalisasi.Asetnya.Jadi.Hotel.dan.Super.Market

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar