Senin, 21 Mei 2012

Tepat Memilih Furnitur untuk Teras Rumah

detail berita
(foto: spainhouseoflight)
TERAS atau beranda merupakan bagian paling terdepan dari sebuah bangunan rumah. Karena itu, penampilan teras pun tak lepas dari nilai estetika hunian. Tampilan teras yang rapi dan bersih tentu akan menjadi nilai plus pada rumah Anda.

Namun, penampilan teras yang menarik perhatian tentu saja harus didukung dengan furnitur yang pas. Dalam memilih furnitur atau mebel untuk ditempatkan di teras juga tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan, seperti yang dikutip dari, artikel Bagaimana Membuat Beranda yang Efektif karya desiner interior Imelda Akmal, Minggu (20/5/2012) berikut ini:

1. Ukuran
Kebanyakan teras didesain dalam ukuran tidak sebesar ruang utama dalam rumah. Bila Anda ingin menambahkan furnitur di teras, sebaiknya pilih yang ukurannya pas. Anda pernah melihat kursi dengan dudukan besar atau sandaran lebar, bukan? Kursi seperti ini memang nyaman dan terlihat mewah, namun sangat tidak dianjurkan untuk diletakkan di beranda.

Standar ukuran kedalaman kursi yang nyaman berkisar antara 40-60 cm dengan lebar 30,5-45 cm. Merujuk ukuran standar itu, Anda bisa mengambil ukuran minimal, yaitu 40 x 30,5 cm. Agar lebih fleksibel, gunakan kursi tanpa lengan dan sandaran. Begitu juga dengan sisi-sisi meja. Ukuran idealnya berkisar antara 60-90 cm, namun tidak ada salahnya Anda memilih ukuran minimal, yaitu 60 x 60 cm, atau meja bundar berdiameter 60 cm.

2. Bentuk
Tak dapat dimungkiri, saat ini bentuk furnitur sangat beragam dan begitu berkembang. Saat pergi ke toko furnitur, Anda dapat melihat begitu banyak desain furnitur, mulai dari yang simple hingga yang berbentuk kurva tak beraturan. Jangan tergoda dulu dengan bentuk-bentuk yang atraktif tersebut, sebab mayoritas berukuran besar alias memakan tempat. Jika beranda Anda tergolong mungil, hindari furnitur seperti itu.

Pentingkan fungsi, baru penampilan. Sebaliknya, untuk beranda yang cukup lega, sah-sah saja jika Anda memilih furnitur yang atraktif. Furnitur semacam ini dapat membuat beranda Anda lebih menarik dan hidup.

3. Material
Karena posisi beranda berhubungan langsung dengan ruang dan udara luar, pemilihan material furnitur merupakan hal yang patut diperhatikan. Pengaruh cuaca, seperti panas, dingin, kelembapan, atau cipratan air hujan, punya peluang besar merusak furnitur beranda. Untuk menghindari kerusakan, utamakan material furnitur yang bersifat hard wearing, seperti kayu, logam, plastic, dan rotan. Untuk kayu, pilih kayu jati solid yang terjamin keawetannya.

Sebaiknya Anda juga memerhatikan finishing furnitur yang sedikit-banyak memengaruhi daya tahannya. Agar tidak mudah lapuk atau dimakan serangga, sebaiknya lapisi dulu kayu dengan pelitur. Begitu juga dengan kursi atau meja besi. Furnitur ini akan lebih tahan lama jika dilapisi cat khusus untuk permukaan besi.

4. Posisi

Selain material pilihan, posisi furnitur juga memengaruhi keawetannya. Bayangkan, jika Anda meletakkan kursi dan meja kayu terlalu ke pinggir, terlebih jika beranda Anda tidak memiliki teritisan lebar, bisa dipastikan furnitur Anda terancam basah dan lembap saat hujan turun. Keteledoran seperti ini bisa mempercepat kerusakan dari furnitur tersebut.

Semoga bermanfaat!

Sumber : www.property.okezone.com/tepat-memilih-furnitur-untuk-teras-rumah

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar