Selasa, 29 Mei 2012

Cara Mudah Merawat Material Kayu

detail berita
(foto: ist.)
PENGGUNAAN material atau bahan kayu pada interior rumah dapat memberikan kesan klasik dan hangat. Untuk perawatan material ini juga sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam merawat interior kayu, agar tetap utuh dan terlihat indah.

Simak ulasannya seperti yang dikutip dari Buku 456 Tip Perawatan Rumah, karya Garsinia Lestari, Selasa (29/5/2012) berikut ini:

1. Bersihkan debu sisa pengeboran

Setelah melubangi tembok atau kayu terdapat debu-debu sisa pengeboran, untuk menghilangkannya, aktifkan nosel vacuum cleaner ke arah titik pengeboran. Alhasil, semua kotoran akan terhisap ke vacuum cleaner dan tempat Anda pun bersih kembali.

2. Memaku bambu
Memaku bambu gampang-gampang susah. Jika lengan Anda terseok saat memaku, bambu bisa pecah dan tidak terpakai. Untuk mencegahnya, aplikasikan kiat berikut. Potong ujung paku yang akan digunakan dengan gergaji. Selanjutnya, celupkan ujung paku ke minyak pelumas atau oli bekas. Kemudian, paku pun bisa digunakan untuk memaku bambu.

3. Memperbaiki kayu penyok
Saat memindah-mindahkan furnitur kayu, tanpa sengaja Anda menyenggol tembok atau kusen pintu sehingga kayu furniture sedikit penyok. Anda masih bisa memperbaikinya jika penyok kayu tidak terlalu dalam (1-2 mm). Tempel kayu yang penyok dengan lap basah. Kemudian, setrika bagian tersebut hingga lap mengering dan bagian yang penyok dapat tersamarkan.

4. Cegah lantai kayu (parket) tergores
Kehadiran lantai kayu (parket) mampu menciptakan kesan klasik dan hangat pada ruangan. Sayangnya, lantai parket mudah tergores oleh furnitur jika tidak dirawat dan dilindungi dengan baik. Untuk menghindarinya, tempelkan saja isolasi atau plester pada kaki-kaki perabot. Dengan demikian, perabot tidak akan menggores parket saat tergeser lantaran telah diberi lapisan pelindung.

5. Menjaga keindahan pajangan kayu

Pahatan kayu selalu membuat decak kagum peminatnya. Agar pajangan selalu indah dipandang dan tak kusam, coba kiat perawatan kayu berikut. Campurkan sedikit semir sepatu dan beberapa tetes bensin hingga menyerupai pasta. Oleskan pasta tersebut pada permukaan pajangan kayu secara merata, lalu diamkan selama 10-15 menit. Gunakan sikat gigi bekas saat Anda mengoleskannya. Terakhir, bersihkan sisa-sisa pasta dengan kain halus dan lihat hasilnya.

Sumber : www.property.okezone.com//cara-mudah-merawat-material-kayu

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar