Kamis, 03 Mei 2012

5 Rambu Memilih Arsitek yang Tepat


Saat ini Anda dengan mudah mendapatkan informasi mengenai konsultan arsitektur dan jasa rancang bangun dari media cetak atau elektronik. Namun sebetulnya, cara terbaik dan tepat mendapatkan arsitek adalah berdasarkan rekomendasi teman atau kerabat.

Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi arsitek, tak ada salahnya Anda melakukan lima langkah berikut ini:

1. Hasil karya

Portofolio dari arsitek berikut penjelasannya akan memberikan Anda gambaran mengenai ciri khas arsitek tersebut. Sebaiknya tidak terburu-buru tertarik dari karyanya yang bagus, karena hal paling penting adalah karyanya sesuai karakter dan selera Anda.

2. Sertifikasi

Jangan ragu meminta calon arsitek pilihan Anda untuk menunjukkan sertifikasi keahlian (SKA) dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Sertifikasi keahlian ini penting guna menunjukkan kompetensi seorang arsitek.

3. Kesibukan

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah calon arsitek Anda memiliki tingkat kesibukan tinggi atau tidak. Bila terlalu sibuk, pastikan arsitek dan Anda dapat bekerjasama dengan baik sehingga pembangunan rumah tidak terlambat.

4. Tarif

Anda juga perlu membicarakan tarif arsitek secara mendetail. Berapakah jasa desainnya, serta berapa biaya tambahan yang harus Anda keluarkan jika kemungkinan menambah pekerjaan di kemudian hari.

Harga jasa desaina arsitek berbeda-beda. Ada yang dihitung berdasarkan persentase nilai proyek, misalnya 3 % - 10 %, ada pula yang dihitung per meter persegi. Jasa seorang arsitek ada yang hanya sebatas jasa desain, namun ada juga yang bertindak sekaligus sebagai kontraktor.

5. Daftar klien

Jangan ragu memminta daftar klien dari calon arsitek Anda yang dapat dihubungi. Cara ini tentu perlu untuk mengecek kredibilitas arsitek melalui proyek-proyek yang pernah ia kerjakan sebelumnya.



Sumber : www.properti.kompas.com/5.Rambu.Memilih.Arsitek.yang.Tepat

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar