Selasa, 08 Mei 2012

Big Dig, Mega Proyek Berbiaya Besar

detail berita
Big Dig Chicago, AS (foto: philip.greenspun.com)
CHICAGO – Kegagalan pembangunan jalan raya pernah terjadi Amerika Serikat. Mega proyek jalan yang melintasi wilayah Boston ini sempat dibangun selama 25 tahun.
 
Proyek bertajuk Arteri atau Terowongan Tengah (kemudian dikenal sebagai Big Dig) ini bertujuan mengurai kekusutan lalu lintas di jalan-jalan pusat kota Chicago. Proyek ini meliputi jembatan, terowongan, jalan layang dan mengubah arteri I-93 menuju terowongan sejauh 3,5 mil.
 
Big Dig disebut sebagai proyek infrastruktur publik terbesar yang pernah dibangun di Amerika. Namun, proyek ini menuai kontroversi karena menggusur ribuan pebisnis dan warga kota. Selain itu, proyek yang dinilai desainnya cacat dan miskin eksekusi ini memakan empat nyawa.
 
Awalnya, proyek ini diharapkan selesai pada 1998. Namun, proyek ini baru bisa tuntas pada 2007, dengan biaya akhir hampir enam kali lipat dari estimasi awal atau mencapai 14,6 miliar.
 
Setelah menimbulkan kematian dan dikritik karena desain yang buruk, konsorsium perusahaan yang mengawasi proyek tersebut setuju untuk membayar lebih dari USD400 juta sebagai ganti rugi. Pada 2006, hampir 12 ton semen di panel langit-langit jalan runtuh ke jalan dan menimpa sepasang suami-istri yang merupakan pengguna jalan.
 
Seperti dikutip dari Construction Digital, Senin (7/5/2012), hal ini terjadi karena masalah pada epoxy dan baut. Akibatnya, terowongan ditutup dan menimbulkan masalah lalu lintas. Masalah dengan peralatan pencahayaan itu menyebabkan konsorsium harus mengganti hingga 25 unit lampu bernilai USD54 juta.
 
Selain itu, ada ribuan kebocoran dan bahan yang kurang memenuhi standar. Selain karena memakan biaya besar, Big Dig juga disebut sebagai salah satu kesalahan terbesar dalam sejarah konstruksi dunia.

Sumber : www.property.okezone.com/big-dig-mega-proyek-berbiaya-besar

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar