Kamis, 10 Mei 2012

Kamar Mandi Tampil Kompak dan Sehat

detail berita
LUAS kamar mandi Anda terbatas, namun membutuhkan banyak fasilitas? Tenang, kuncinya adalah membuat tata layout yang tepat agar semua kebutuhan dapat terpenuhi dan Anda pun merasa nyaman berada di dalamnya.

Saat ini tren desain kamar mandi semakin berkembang seiring dengan gaya hidup modern yang ada. Kamar mandi bukan lagi sekadar ruang yang sempit dengan aktivitas utama membersihkan diri. Meski luas kamar mandi terkadang dibuat terbatas, tapi tidak boleh memutuskan semangat Anda untuk bisa mengaplikasikan ide-ide menarik agar kamar mandi Anda dapat tampil menarik dan cantik.

"Mainkan setiap jengkal permukaan ruang yang ada untuk bisa menjadi satu penataan dekorasi yang pas," kata arsitek Rizky Artando. Bagaimana jika luas kamar mandi Anda terbatas, tapi ingin menghadirkan fungsi yang luas dan nyaman? Kuncinya adalah penataan layout yang kompak agar semuanya bisa terlihat semakin harmonis dan selaras. Walaupun memiliki lahan yang terbatas, Anda tetap bisa memasukkan unsur pelengkap, seperti bathtub, shower area, dan kloset.

Masing-masing area tersebut hanya dipisahkan oleh jarak untuk aliran sirkulasi udara yang cukup. Meski demikian, semua tetap sesuai standar ruang gerak hingga Anda masih bisa memperoleh kenyamanan. Hal ini ditegaskan oleh arsitek Denny Setiawan. Menurut dia, tiap jengkal ruangan harus bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak terlihat ruang kosong yang tak berguna.

Mulai layout, penempatan masing-masing fasilitas, hingga pemanfaatan dinding melalui cerukan-cerukan, semuanya harus terlihat serasi. "Setiap jengkal ruang harus dimanfaatkan dengan maksimal sehingga tak terlihat ruang kosong yang tidak berguna," kata Denny. Kamar mandi bisa diibaratkan sebagai jantung rumah yang mendukung aktivitas biologis dasar manusia. Untuk itu, kamar mandi harus dibuat nyaman dan sehat supaya mampu menunjang semua aktivitas tersebut.

Namun, kamar mandi sering kali luput dari penataan. Padahal, kamar mandi dapat dibuat menjadi satu ruangan yang memiliki oase tersendiri. "Kamar mandi bukan hanya ruang untuk membersihkan badan, melainkan bisa juga dijadikan tempat melepas lelah dan rileks setelah seharian bekerja. Ada dua kriteria yang harus dipenuhi pada penataan kamar mandi yang nyaman, yaitu kesehatan dan keindahan interiornya," ungkap Rizky.

Tidak hanya sampai di situ, untuk menciptakan kamar mandi yang sehat, Anda juga harus memperhatikan aspek sanitasinya. Pastikan air bekas pakai bilasan sabun mengalir ke saluran yang telah direncanakan dan tidak ada genangan di lantai. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pembuangan air limbah kloset. Pastikan airnya mengalir ke septic tank tanpa bocor dan lakukan penyedotan minimal sekali dalam 3–4 tahun agar tidak mengakibatkan perkembangbiakan bakteri e-coly di dalam tanah.

"Kamar mandi selalu memiliki sirkulasi yang lembap. Jadi, sebaiknya buat rancangan ventilasi yang baik untuk menjaga sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi karena udara yang lembap membuat jamur serta lumut berkembang subur di kamar mandi," ujar Rizky. Tren kamar mandi sekarang tidak ubahnya seperti desain kamar tidur yang memiliki ukuran dan bukaan jendela yang besar.

Dengan adanya keleluasaan ruang serta view yang menghadap ke luar, menjadikan kamar mandi nyaman dan layaknya sebuah resor mewah. "Sebaiknya pisahkan area basah dan area kering. Gunakan shower boxatau tirai pembatas untuk menghindari percikan air dari area basah shower room. Sementara untuk bagian sanitasilain, seperti kloset, bath up, dan meja wastafel, sebaiknya diletakkan pada area kering," saran Rizky.

Apabila kamar mandi Anda mempunyai jendela dan view yang bagus, tempatkan bath updi pinggir jendela agar Anda dapat berendam sambil menikmati pemandangan di luar. "Untuk membuat tampilan kamar mandi menjadi terang, bisa menggunakan warna putih ataupun aksen warna natural agar lebih berkesan lapang dan rileks," sebut Rizky.

Sumber : www.property.okezone.com/kamar-mandi-tampil-kompak-dan-sehat

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar