Rabu, 01 Februari 2012

Djan Faridz: Tanpa BTN, Targetnya Tetap 170 Ribu Rumah!



JAKARTA, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dengan penuh optimistis menjawab kekhawatiran banyak pihak ihwal program KPR dengan FLPP jika berjalan tanpa BTN. Menpera Djan Faridz mengatakan, target 170 ribu unit rumah tetap bisa tercapai dengan atau tanpa BTN.

"Dengan atau tidak dengan BTN, penambahan atau tidak dengan penambahan, kita targetnya ada 170 ribu unit rumah, dan akan terus dinaikkan sampai 200 ribu unit rumah," kata Djan Faridz, seusai rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Djan Faridz menambahkan, bila ada kekhawatiran bank lainnya tidak bisa menjalankan FLPP, hal itu hanya persoalan pemahaman sistem penyalurannya.

"Bank itu belum mengerti bagaiman penyalurannya. Tapi, sudah kami beri tahu dan mereka siap dengan bunga sekitar 6-7 persen. Semuanya seragam," lanjutnya.

Menpera berharap, dalam waktu dekat proses PKO (Perjanjian Kerjasama Operasional) dengan empat bank BUMN, yakni BTN, BRI, BNI 46, dan Bank Mandiri segera selesai.

"DPR meminta akhir Februari penundaan FLPP segera berakhir. Sekarang masih tahap negosiasi proposal, kalau besok selesai, ya, FLPP bisa jalan lagi," ujarnya.

Selama ini, BTN dikenal sebagai bank penyalur FLPP terbesar sebanyak 90 persen. Menurut Ali Tranghanda, Direktur Indonesia Property Watch (IPW), apabila FLPP berjalan tanpa melibatkan BTN, dikhawatirkan kesiapan bank lain belum ada.

Ali mengatakan, apabila FLPP berjalan dua minggu lagi, maka FLPP baru dapat aktif tiga bulan kemudian untuk menunggu kesiapan bank-bank lain menyiapkan infrastruktur. Bagi BTN, lanjut Ali, bila tak ikut terlibat dalam FLPP, maka mengalami kolaps.

"Ia akan mati supply dan demand-nya, karena dia penyalur paling besar. Bisnis dia 90 persen dari subsidi penyaluran rumah rakyat. Jika benar, maka ini akan mengganggu stabilitas pertumbuhan rumah nasional," ujarnya.



Sumber : www.properti.kompas.com/Djan.Faridz.Tanpa.BTN.Targetnya.Tetap.170.Ribu.Rumah.

Cari rumah..?? Propertykita Lebih banyak pilihanya...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar