Senin, 14 Mei 2012

Arsitek Burj Khalifa Bakal Bangun Gedung "Naga Menari"

detail berita
'Dancing Dragons' (foto: inhabitat)
SEOUL - Arsitek Adrian Smith kembali menarik perhatian. Setelah proyek salah satu gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, arsitek asal Amerika Serikat ini merancang gedung bernama Dancing Dragons atau "Naga Menari".

Bersama Gordon Gill, Smith merancang gedung pencakar langit yang akan mencolok di kota Seoul, Korea Selatan. Duo ini terinspirasi oleh hewan di cerita mitos, naga. Dancing Dragons merupakan proyek dua gedung yang masing-masing memiliki 88 dan 77 lantai.

Lapisan luar gedung akan memiliki fitur dinding seperti sisik naga sehingga bisa bernafas. Sisik atau kulit ini sebenarnya merupakan elemen performatif yang digunakan untuk ventilasi. Lantas, benarkah gedung ini bisa menari? Menurut Smith, menari merupakan kesan yang timbul jika melihat gedung ini.

"Ada hubungan simpatik dan saling melengkapi antara dua gedung di tingkat tertentu, sehingga seolah-olah mereka menari," jelas Smith seperti dikutip dari Inhabitat, Jumat (11/5/2012). Tim yang mendesain gedung ini termasuk perusahaan energi dan teknik yang berbasis di Chicago, PositivEnergy Practice. Perusahaan ini menyediakan jasa konsultasi untuk sistem hemat energi dua menara.

Beberapa fitur hijau yang ada di bangunan ini mencakup susunan fotovoltaik di permukaan atap, pemancar panas, unit cogeneration (kombinasi panas dan listrik) bahan bakar di ruang bawah tanah, dan jendela berlapis tiga untuk meminimalkan kehilangan panas.

Gedung pencakar langit mixed-use ini akan berlokasi di distrik bisnis Seoul, Yongsan International. Dancing Dragons akan menjadi bagian dari master plan dari Yongsan oleh Studio Daniel Libeskind.

Gedung dengan tinggi 450 dan 390 meter ini akan mencakup tempat tinggal, kantor, dan elemen ritel. Gedung ini akan memiliki susunan bentuk "V" di bagian puncak dan bawah gedung. Hal ini diklaim akan membantu memperkuat geometri sudut bangunan. Menurut Smith dan Gill, bentuk "V" itu dimaksudkan untuk mewakili atap kuil tradisional Korea.

Sumber : www.property.okezone.com/arsitek-burj-khalifa-bakal-bangun-gedung-naga-menari

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar