Selasa, 01 Mei 2012

Tanaman Rambat Sayur nan Cantik



detail berita
(foto: blog.ub.ac.id)
DI daerah perkotaan, lahan untuk bercocok tanam sangatlah sulit. Bahkan, ada rumah yang sama sekali tidak mempunyai lahan untuk dipergunakan sebagai area hijau, terlebih lagi untuk menanam sayuran.

Pastilah pot akan dipilih sebagai media yang paling mudah atau bisa juga diaplikasikan dengan cara disusun secara merambat. Arsitek lanskap Herlin Wibowo menegaskan, pemanfaatan sisi lahan harus benar-benar diperhatikan bila ingin membudidayakan tanaman sayuran. Dengan demikian, tujuan pemanfaatan lahan dengan berapa pun luasnya tetap bisa memberikan hasil yang optimal. Sayuran merambat bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat taman sayuran di lahan yang terbatas.

"Saat ini sayuran juga bisa dijadikan tanaman pengganti tanaman hias. Dari unsur desain, tanaman sayur yang hijau bisa lebih memberi kesegaran taman dan pemilik rumah pun dapat menikmati hasilnya saat panen," ungkap Herlin. Sayuran yang dipetik sendiri pasti lebih baik untuk dikonsumsi karena Anda lebih tahu bahwa sayur yang ditanam tersebut tidak mengandung bahan pestisida. Dengan menanamnya sendiri, tentu Anda bisa selalu mengontrol penggunaan pupuk dan air. Dengan begitu, sayuran yang dikonsumsi akan lebih segar dan sehat.

"Banyak manfaat yang diperoleh dengan memiliki taman sayur.Bukan hanya dari nilai estetis dan produktifnya, tetapi bisa memberikan udara segar di lingkungan rumah. Taman pun akan terlihat lebih hijau," kata Herlin. Banyak jenis dan ragam tanaman sayur merambat, seperti buncis, kecipir, kacang panjang, mentimun, pare, labu, dan tomat.

"Pada umumnya tanaman sayur termasuk tanaman yang berumur pendek,usianya kurang lebih 40 hari sampai 4,5 bulan. Hasilnya juga bervariasi. Ada yang dipanen hanya satu bulan sekali, ada juga yang bisa diambil 2–3 kali sebulan," sebut Herlin. Perambatan bisa dibuat dari kayu dengan bentuk vertikal maupun horizontal atau bisa juga dirambatkan pada pagar rumah Anda.

Dengan karakteristik tanaman rambat ini, maka tanaman sayuran mudah untuk dibentuk sesuai dengan desain tatanan eksterior Anda.Perawatan tanaman merambat ini pun jauh lebih mudah ketimbang menggunakan jenis tanaman hias yang merambat.


Sumber : www.property.okezone.com/tanaman-rambat-sayur-nan-cantik

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar