Rabu, 04 Juli 2012

Rumah Beton Tersembunyi Karya Arsitek China

detail berita
Rumah karya Archi Union (foto: myinteriordesign)
SHANGHAI - Rumah tinggal dari beton sudah sangat umum dijumpai. Tapi, lain halnya dengan rumah beton yang terletak di daerah Yangpu, Shanghai, China ini. Rumah yang disebut Tea House and Library, merupakan karya arsitek Archi Union yang letaknya bagaikan tersembunyi di balik bangunan kantor sang arsitek.

Pada mulanya, rumah tinggal ini merupakan reruntuhan gudang yang sudah lama tidak terurus. Ketiga sisinya dibatasi dinding beton dan bagian depannya dibuat terbuka, tepat berhadapan dengan kolam, seperti dikutip dari laman, My Interior Design, Selasa (3/7/2012).

Meski sebagian besar bangunan dari beton, namun, Archi Union berusaha membuat desain yang harmonis, dengan cara membuat ruangan terbuka yang lapang dan bisa ditempati dengan nyaman. Selain itu, terdapat sebuah pohon besar di antara bangunan rumah dan kolam, yang berfungsi sebagai pemisah area.

Rumah ini terdiri dari area publik yang menghadap ke kolam, perpustakaan di lantai atas, dan sebuah balkon segitiga yang mengelilingi pohon besar tadi. Sementara untuk area privat, seperti lounge, ruang baca dan kamar tidur serta kamar mandi terletak di belakang rumah.

Sebuah ruang transisi dibuat untuk menghubungkan area publik dan area privat. Ruang transisi ini, sekaligus menjadi vocal point bangunan, berbentuk seperti putaran melengkung dari bawah ke atas menciptakan sebuah ruang linear yang unik.

Bentuk melengkung tersebut, dibuat secara digital, kemudian dibuat menjadi jalinan garis-garis lurus yang direalisasikan dalam kerangka kayu 1:1. Penempatan kerangka kayu ini dirangkai sesuai konstruksi rencana digital sampai menjadi bentuk lengkung sempurna. Setelah itu, baru dilakukan pengecoran beton, finishing dilakukan secara manual.

Bekas kayu yang masih terlihat dan bagian produksi yang tidak sempurna pada dinding, seperti kegagalan perekat dan gelembung, justru semakin menyempurnakan tampilan unik pada bentuk dinding melengkung tersebut.

Sumber : www.property.okezone.com/rumah-beton-tersembunyi-karya-arsitek-china

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar