Kamis, 19 Juli 2012

Soal Tata Ruang, Indonesia Perlu Berkaca dari Brasil

detail berita
Tata ruang Jakarta yang semrawut (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Jakarta merupakan ibu kota negara yang memiliki fungsi ganda, yakni sebagai pemerintahan dan pusat perekonomian Indonesia. Diketahui hampir 70 persen aktivitas perekonomian Indonesia berpusat di Pulau Jawa, khususnya di DKI Jakarta. Dengan kenyataan ini praktis Jakarta merupakan kota terpadat di Asia.

Untuk membenahi pertumbuhan dan tata kota yang tidak terkendali ini, tentu membutuhkan perencanaan yang matang juga perlu adanya kerjasama yang komprehensif antar berbagai pihak, serta waktu yang tidak singkat.

Menyoroti hal ini perwakilan dari Green Building Council Indonesia (GBCI),  Bintang A Nugraha mengatakan, Indonesia, bisa berkaca dari salah satu negara di Amerika Selatan, yakni Brasil.

"Ada hal yang menarik yang bisa kita petik dari tata ruang Brasil. Negara tersebut membedakan ibu kota ke dalam dua bagian, yakni ibu kota pusat perindustrian dan ibu kota hijau. Di mana Curitiba yang terletak di selatan Brasil yang juga merupakan ibu kota negara Parana dijadikan sebagai ibu kota hijau, sementara Brasilia merupakan pusat perindustrian," ujar Bintang saat ditemui Okezone, di wilayah Cipete, Jakarta Selatan, kemarin.

Dia menambahkan, Curitiba adalah kota hijau yang dimiliki Brasil yang menerapkan sistem pembangunan berkelanjutan. Kota ini juga merupakan salah satu dari lima kota terhijau di dunia dengan menyarankan mobil pribadi digunakan seperlunya dan memperbanyak ruang terbuka hijau yang bisa menjadi paru-paru kota.

"Jika Jakarta semakin sulit dibenahi, mengapa tidak menjadikan alternatif dengan membangun ibu kota hijau di Indonesia," ujarnya.

Terlebih jika dilihat dari segi iklim, Brasil merupakan negara yang memiliki kesamaan iklim dengan Indonesia, yakni beriklim tropis yang ditandai dengan dilaluinya garis khatulistiwa. "Jadi kenapa tidak jika kita terapkan konsep serupa di Jakarta," imbuhnya.


Sumber : www.property.okezone.com/soal-tata-ruang-indonesia-perlu-berkaca-dari-brasil

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar