Jumat, 20 Juli 2012

Meera House, "Istana" Hijau di Pulau Sentosa

detail berita
Meera House (foto: inhabitat)
SINGAPURA - Di tengah mengemukanya konsep rumah ramah lingkungan dan ekologi berkelanjutan, hunian sehat memang sangat dibutuhkan. Namun, bagi kaum urban yang hidup di tengah permukiman padat dengan lahan yang terbatas, memperoleh hunian sehat merupakan hal yang sulit diwujdukan.

Maka, tak heran, saat ini taman atap atau taman vertikal semakin marak diterapkan sebagai solusi dalam dunia arsitektur, khususnya di perkotaan. Seperti yang dilakukan oleh Guz Architects pada sebuah rumah tinggal di Pulau Sentosa, Singapura.

Dikutip dari laman Inhabitat, Jumat (20/7/2012), rumah yang disebut Meera House ini tak hanya sebuah rumah, tapi juga sebuah taman dengan rumput hijau yang berada di atapnya. Hunian yang terletak di sebuah kawasan elit Pulau Sentosa ini didesain dengan vegetasi tanaman pada setiap tingkatnya. Rumput hijau yang menyelimuti atapnya menjadi sebuah pemandangan indah.

Hal yang melatarbelakangi dirancangnya rumah ini adalah minimnya privasi pada sebuah rumah yang dibangun pada lahan sempit, sehingga tertutup antara rumah satu dengan lainnya. Kondisi ini juga tidak memungkinkan untuk melihat dan mendengar apa pun dari rumah tetangga. Karenanya, Guz membangun dinding yang lebih solid sekaligus memungkinkan untuk saling melihat dan berinteraksi tanpa menghalangi keindahan.

Dalam rangka memberikan suguhan pemandangan menarik, Guz membuat taman berbentuk undakan pada setiap level atap rumahnya. "Hal ini  bertujuan untuk mengikuti setiap alur dari atap hijau yang bertingkat-tingkat sehingga terasa seperti hunian dengan lembaran hijau," kata sang arsitek.

Cahaya dan udara yang masuk masuk ke dalam rumah juga turut diperhatikan. Pencahayaan di Meera House sangat bergantung pada cahaya matahari. Hamparan pantai yang tersaji tepat di depan rumah semakin menjadikan rumah "hijau" ini istana berharga bagi pemiliknya.


Sumber : www.property.okezone.com/meera-house-istana-hijau-di-pulau-sentosa

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar