Kamis, 19 Juli 2012

Bangun Mal Besar di Pusat Bisnis Berisiko Sepi

detail berita
Pusat bisnis SCBD, Jakarta (foto: indonesiatanahairkita. wordpress)
JAKARTA - Pembangunan mal skala besar dengan lokasi strategis di pusat kota atau pusat bisnis (CBD) ternyata memiliki risiko besar. Sebab, mal-mal besar (premium) memiliki segmentasi khusus, sehingga tidak dapat menampung semua kalangan setiap waktu.

Demikian disampaikan oleh Head of Research Jones Lang LaSalle Anton Sitorus. "Sebab, untuk membangun mal besar (kelas premium) di pusat kota atau CBD, risikonya tinggi. Karena ramainya pada saat weekdays saja, sedangkan saat weekend datang, mal-mal ini cenderung sepi," katanya usai pemaparan Jakarta Property Market Q2 2012, di Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Menurut Anton, ke depan akan semakin banyak mal skala menengah dan kecil yang dibangun di daerah pinggiran Jakarta. Hal ini untuk lebih mendekatkan mal dengan perumahan dan lebih memudahkan akses masyarakat menuju pusat perbelanjaan.

"Ke depan, pengembang akan banyak bangun mal di Jakarta, tapi lebih ke daerah pinggiran dekat perumahan. Saat ini secara umum industri retaildi Jakarta masih dalam tahap recovery dari krisis 1998 lalu. Tapi perkembangan pasarnya terus meningkat," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengembang saat ini lebih berhati-hati sebelum membangun proyek mal atau pusat perbelanjaan. "Mereka akan melihat anchor tenant yang mau masuk dalam malnya, baru dia akan bangun.

"Selain itu, masih ada permintaan (demand) dari merek-merek retail luar yang mau masuk ke Indonesia, belum tertampung dalam satu sampai dua tahun mendatang. Oleh karena itu, pasarnya masih terus ada," terang Anton.

Dia juga mengungkapkan, salah satu rahasia suksesnya pembangunan sebuah mal atau pusat perbelanjaan adalah dilakukan secara bertahap.

"Contohnya seperti mal di Kelapa Gading, Summarecon Serpong dan Pondok Indah. Semua dilakukan pembangunannya bertahap, jadi dibangun satu dulu, lalu dilihat pasarnya bagaimana. Jika laku baru dibangun yang mal tahap berikutnya. Itu yang buat berhasil," pungkasnya .


Sumber : www.property.okezone.com/bangun-mal-besar-di-pusat-bisnis-berisiko-sepi

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar