Kamis, 19 Juli 2012

Tren SOHO Tak Akan Mendepak Ruko

detail berita
Maket SOHO (foto: Nur Januarita Benu/Okezone)
JAKARTA - Jika selama ini kita mengenal ruko sebagai konsep multifungsi hunian dan tempat transaksi jual beli, belakangan kita tahu ada tren baru yakni Small Ofice Home Office (SOHO). Keberadaannya memang marak diperbincangkan, mengingat akan mengancam keberadaan ruko.

Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Endi Subijono kepada Okezone, keberadaan SOHO belum akan menggeser ruko secara drastis. Bahkan, proyeksi tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena masing-masing jenis hunian tersebut memiliki karakter tersendiri.

"Sebetulnya ada perbedaan mendasar antara SOHO dan ruko. Di mana kita ketahui ruko adalah rumah yang menyatu dengan toko yang umumnya lebih memperdagangkan produk. Sementara SOHO adalah konsep rumah menyatu dengan kantor yang mana aspek yang diperjualbelikan adalah jasa," ujar Endi, di sela dialog bertajuk "Menjelang Lima Tahun Sustainable Urban Development Forum Indonesia (SUD-FI)", di Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2012).

Dia melanjutkan, kehadiran SOHO adalah salah satu solusi menjawab masalah transportasi. Di mana kemacetan merupakan masalah yang belum terepecahkan. Sehingga masyarakat membutuhkan suatu tempat yang nyaman untuk beraktifitas dan bekerja tanpa dipusingkan dengan masalah dengan transportasi.

Ditambahkan oleh Endi bahwa dengan adanya SOHO, diharapkan proses kerja dapat berjalan lancar tanpa perlu bersusah payah menjangkau kota. "Sehingga lokasi bukanlah masalah untuk membangun sebuah SOHO. Yang perlu dipikirkan dalam pembangunan SOHO adalah mudahnya aksesibilitas dan fasilitas yang dimiliki," dia mengimbuhkan.

Misalnya, kelengkapan fasilitas internet dan akses transportasi mudah sudah bisa memenuhi standar suatu SOHO. Sedangkan dari segi desain dijelaskan Endi, bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. 

Namun yang menjadi daya jual adalah fasilitas lengkap yang mampu dihadirkan sebuah SOHO. Karenanya jika dilihat dari segi harga tentu ada cost lebih untuk membayar fasilitas yang terangkum seperti internet dan aksesibilitas lainnya.

"Aspek lain yang tak kalah penting dan perlu diperhatikan adalah bagaimana membangun tempat yang sesuai dengan aspek berkelanjutan. Misalnya, mempertimbangkan pembangunan hemat energi dan ruang sehat, dilengkapi dengan jendela untuk mendapatkan cahaya dan menghemat energi listrik, juga dibuat sirkulasi udara," pungkas Endi menutup.

Sumber : www.property.okezone.com/tren-soho-tak-akan-mendepak-ruko

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar