Kamis, 19 Juli 2012

'Orang Indonesia Masih Pilih Ruko, Ketimbang SOHO'

detail berita
Konsop Soho. (Foto: hildalexander.wordpress . com)
JAKARTA - Peluang pasar hunian high rise berkonsep Small Office Home Office (SOHO) untuk dapat berkembang pesat di Indonesia nampaknya belum menjanjikan. Sebab, konsep ini terhitung masih sangat baru diserap dalam bisnis properti Tanah Air.

Hal ini dinyatakan oleh Head of Research, konsultan properti Jones Lang LaSalle Indonesia Anton Sitorus.

"Konsep SOHO pertumbuhannya masih sangat baru di Indonesia, belum terbukti juga pasarnya," katanya saat ditemui usai pemaparan Jakarta Property Market Q2 2012, di Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Hal ini disebabkan, karakteristik masyarakat Indonesia yang berbeda dengan negara lain, yang telah lebih duluan mengenal SOHO, sebagai tempat hunian sekaligus bekerja atau membuka usaha, seperti di Jepang dan Singapura. 

"Budaya kita masih beda, orang kita masih lebih memilih ruko untuk dijadikan tempat usaha kecil-kecilan. Karena ruko sifatnya landed dan makin hari harganya bisa terus naik," ujar Anton.

Menurutnya, SOHO akan bisa berkembang di dalam negeri, juga tergantung pada kebutuhan masyarakat.

"Yang paling penting juga, orang kan lebih memilih tempat usaha yang mudah diakses. Nah, sekarang kita pasti lebih memilih bisa langsung parkir mobil pas di depan ruko, ketimbang harus masuk dalam gedung tinggi, cari parkir dulu keliling. Itu kan lebih sulit. Jadi, kebiasaan masyarakat kita juga belum bisa menerima gaya seperti SOHO itu," terangnya.

"Masih ada alternatif lain lah, jika mau membangun hunian sekaligus tempat kerja. Dan jika ingin membangun SOHO, maka bangunlah di kawasan CBD, biar lebih prosperktif. Jangan di pinggiran kota, nanti siapa juga yang mau ke sana," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa pengembang properti besar, seperti Agung Podomoro Group, Ciputra, dan Bakrieland saat ini tengah menggarap proyek SOHO di beberapa titik di Jakarta.

Dengan anggapan, SOHO dinilai oleh kalangan pengembang akan menjadi sebuah tren baru dalam sektor hunian. Dengan sasaran utamanya adalah kalangan professional muda di perkotaan, yang cenderung bergaya hidup serba instan dan praktis.

SOHO dinilai sebuah solusi tepat untuk menghadapi semakin mahalnya ruko dan lahan di kota yang kian terbatas.

Kedua asumsi di atas, tentu saja berbeda. Namun, jawabannya nanti baru bisa dilihat, setelah proyek SOHO yang direncanakan tersebut terealisasi.


Sumber : www.property.okezone.com/orang-indonesia-masih-pilih-ruko-ketimbang-soho\

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar