Selasa, 31 Juli 2012

Cat untuk Pagar Berkarat



Pagar besi merupakan elemen paling sering terserang karat, lantaran letaknya di luar rumah. Agar terhindar dari kerusakan lebih parah, ada baiknya jangan menunda melakukan perawatannya, apalagi Anda bersiap menyambut hari raya Idul Fitri nanti.

Karat adalah penyebab utama kerusakan pada pagar besi. Oleh karena itu, pagar besi biasanya dicat agar karat tak mudah tumbuh.

Karat pada pagar besi tumbuh akibat reaksi oksidasi. Tiga elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Reaksi oksidasi dari pertemuan ketiga bahan ini pada medium besi itulah penyebab timbulnya karat.

Untuk mencegah besi pagar berkarat, harus dilakukan pemutusan hubungan besi dari ketiga bahan itu. Salah satu jalan praktisnya adalah memberi lapisan cat antikarat pada besi atau logam.

Perlu diingat, bahwa tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh karat ada bermacam-macam, mulai stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri. Kondisi besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki. Namun, jika sudah pada tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

Namun, daripada harus mengganti keseluruhan atau sebagian besi pagar, cara terbaik adalah mencegah timbulnya karat. Untuk ini, biasanya orang mengecat seluruh permukaan besi pagar. Prosesnya pun harus tepat, sehingga fungsi pengecatan maksimal. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

- Sikat bagian logam (besi) berkarat, lalu ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih. Bila pada permukaan besi masih terdapat kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.

- Aplikasikan cat besi yang mengandung antikarat. Dengan demikian, selain sebagai lapisan cat primer, penggunaan cat sekaligus juga menjadi top coat atau cat finishing yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan.

- Praktis. Selain cat itu tahan cuaca, banyak pilihan warna dekoratif. Jika pengaplikasian tidak memakai cat tersebut, Anda dapat menggunakan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish.

Sekarang, giliran Anda menyulap pagar besi di rumah mengkilat dan bertahan lama!


Sumber : www.properti.kompas.com/Cat.untuk.Pagar.Berkarat

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar