Senin, 23 Juli 2012

Tanpa Lampu, Gedung Baru Diterangi Cahaya Matahari



detail berita
Gedung Enoco. (Foto : Inhibit . com)
ROTTERDAM - Pembangunan gedung dengan konsep ramah lingkungan semakin banyak bermunculan, terlebih dengan adanya isu global warming. Tak hanya rumah dengan konsep ramah lingkungan, bahkan sebuah perusahaan energi di Belanda mencoba menghadirkan gedung perkantoran dengan konsep yang tak hanya unik, tetapi juga ramah lingkungan.

Seperti dikutip dalam Inhabitat, Sabtu (21/7/2012), perusahaan energi Eneco dengan karyawannya sekira 2.100 orang, pindah ke kantor yang baru saja dibangun di kawasan Rotterdam. Gedung tersebut dilengkapi dengan sistem hemat energi.
 
Bangunan yang terdiri dari 14 lantai ini memiliki dinding luar dengan tumbuhan nan hijau. Tumbuhan itu melapisi diding luar pada lantai satu hingga tiga. Sisi dinding tersebut dilengkapi dengan panel surya pada kedua sisi yang menghadap dinding dan atap.

Hal yang menarik dari bangunan yang dirancang oleh arsitek Hofman Dujardin dan Fokkema & Partners ini adalah, sistem pemanasan dan pendinginannya panel surya, yang sangat efisien. Selain itu juga, desain ruang interior yang terbuka menghadirkan pencahayaan alami. Dengan demikian tercipta lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan
 
Ketika pekerja tiba di gedung dengan luasan 270 ribu kaki persegi, mereka sempat dibuat kagum. Sebab, seluruh ruangan diterangi dengan pencahayaan alami dari sinar matahari, dan cat ruang yang putih terang, sehingga bisa memantulkan sinar dan mengurangi kebutuhan cahaya lampu.

Dalam bangunan ini, terdapat tiga tangga besar yang menghubungkan pintu masuk ke lantai satu, memberikan pilihan bagi karyawan untuk tidak menggunakan lift. Selain itu, untuk mempermanis interior pada beberapa bagian diaplikasikan dinding hijau yang juga membantu meningkatkan kualitas udara ruangan.

Sebagian besar lantai pertama di desain dengan nuansa hijau. Di sana terdapat beberapa ruang pertemuan informal dan ruang konferensi. Sedangkan demi meningkatkan efisiensi dan menghemat ruang, gedung ini hanya memiliki 1.500 ruang kerja untuk 2.100 karyawan perusahaan, karena itu, meja dan ruang kerja di desain fleksibel untuk digunakan oleh orang yang berbeda pada hari yang berbeda.

Pada bagian atap bangunan dilengkapi dengan 288 fitur panel surya, serta sistem fotovoltaik yakni sebuah 'suntrack' yang mengikuti matahari. Sedangkan pada bagian luar dinding, salah satu sisi dibuat menjadi dinding hidup, pada sisi lainnya terdapat 366 panel surya. Total daya yang dihasilkan oleh panel surya cukup untuk menyediakan listrik bagi 50 rumah tangga.
 
Bangunan ini terletak di dekat stasiun kereta api Rotterdam Alexander, sehingga merupakan akses transportasi yang mudah dan nyaman. Tak hanya itu, bangunan ini juga dilengkapi dengan armada kecil berupa kendaraan listrik yang khusus digunakan untuk karyawan yang tidak menggunakan kereta api sebagai transportasi.


Sumber : www.property.okezone.com/tanpa-lampu-gedung-baru-diterangi-cahaya-matahari

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar