Selasa, 24 Juli 2012

Dapur Beraksen Batik

detail berita
Dapur batik (foto: rikadiswara . com)
DAPUR bergaya modern etnik menciptakan focal point yang mampu mengesankan suasana di dalam dan membuat ruangan seolah berbicara. Bukan hanya itu, setiap aksen yang digunakan juga bakal menentukan jati diri Anda sebagai penghuni.

Palet dapur biasanya menggunakan warna gelap sebagai kamuflase dari kesan yang kusam dan membosankan. Sekarang, Anda bisa mencoba menuangkan sesuatu yang menarik melalui warna cokelat yang beraksen batik nan cantik.

Siapa bilang aksen batik hanya bisa digunakan sebagai penghias pada ruang tamu dan ruang keluarga? Lewat balutan warna cokelat yang hangat, dapur yang dulu identik dengan kesan kotor, kini bisa beralih fungsi menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkumpul sekaligus bercengkerama dengan keluarga tercinta.

Selain itu, dengan mengaplikasikan batik, Anda dapat ikut melestarikan kebudayaan Tanah Air. "Dapur merupakan jantung rumah. Tempat ini selalu dijadikan lokasi berkumpul bersama keluarga tercinta. Untuk membuatnya terasa nyaman, penataannya harus benar-benar diperhitungkan, mulai warna, aksesori, hingga penempatan furniturnya," tutur arsitek Denny Indra. Dapur bergaya modern etnik bisa menjadi area yang multifungsi.

Kesan hangat dan santai pun dapat tercipta asalkan Anda mampu menerapkan warna serta furnitur lain secara tepat. Sapuan warna cokelat bak warna kayu alami akan semakin terlihat natural bila disatukan dengan lukisan batik.

"Kabinet yang mengkilat bisa membantu memperkuat kesan dapur modern. Selain itu,desain geometris dan material stainless steel juga dapat membantu membedakan dapur yang berkesan biasa saja menjadi dapur modern. Jika di dalam dapur terdapat mini bar, bisa ditambahkan aksen batik pada meja minibar sebagai daya tarik dan karakteristik personal si empunya rumah," kata arsitek muda berkacamata itu.

Untuk furnitur yang lain, seperti lemari dan laci kabinet, boleh Anda buat menggunakan material plywood dengan sentuhan finishing HPL mengkilat. "Top table-nya bisa dibuat dari marmer golden perlato yang memiliki lapisan warna krem. Warna krem ini fungsinya memberikan nuansa kontras di dalam dapur," ujar Denny.

Supaya terlihat etnis, Anda dapat menggunakan aksesori seperti bronze mirror bermotif batik modern. Keberadaan ornamen tersebut mampu menciptakan "cahaya" kemewahan pada dapur Anda. Aksen batik yang membalut cerminnya pun tetap terlihat sepadan dengan gaya modern yang diterapkan pada dapur tersebut. Motif batik yang menghiasi area dapur bergaya etnik bisa memberikan satu semangat tersendiri untuk Anda dalam melakukan aktivitas.

Bagi Anda yang baru mencoba mengaplikasikannya, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu jangan sesekali menaruh aksesori berupa kain batik untuk memperindah tampilan dindingnya. "Area dapur memiliki hawa panas yang amat tinggi. Jadi, tiap pemilihan aksesori untuk melengkapi ruangan tersebut harus diperhatikan.Sebaiknya jangan memasang kain batik secara langsung di dinding dapur karena bisa memudarkan warnanya serta membuat kain cepat rusak," kata Denny.

Ornamen lain yang bisa Anda gunakan untuk hiasan interior dapur adalah alat makan bermotif batik. Anda pun tidak perlu susah-susah mencari jenis pajangan ini karena sudah tersedia di beberapa toko perlengkapan aksesori rumah. Pada bagian lantai, Anda bisa menggunakan keramik bermotif hokokai dengan beberapa ornamen yang sesuai dengan warna dapur Anda.

"Motif hokokai merupakan ornamen batik khas Pekalongan yang lebih banyak terpengaruh oleh gaya Jepang. Biasanya nuansa batik pesisir dalam motif hokokaibanyak menampilkan variasi bentuk serta warna yang cerah," ujar Denny.

Sumber : www.property.okezone.com/dapur-beraksen-batik

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar