Selasa, 31 Juli 2012

Ubah Kesan Ruang dengan Cahaya

detail berita
Aplikasi lampu-lampu atraktif pada kamar tidur (foto: design boom)
ANDA dapat menciptakan kesan yang berbeda lewat tampilan warna dan terang atau redupnya cahaya yang dipancarkan. Fungsi cahaya bukan hanya penerang di kala gelap melanda ruangan Anda. Lewat sinarnya, cahaya juga bisa mempermanis tampilan ruangan.

Kesan luas dan terang dapat terlihat indah bila Anda tahu cara pengaplikasiannya. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengenal tiga jenis pencahayaan yang mampu menerangi interior, seperti pencahayaan utama yang selalu digunakan untuk ruang umum di rumah, pencahayaan aksen untuk aksentuasi dalam ruangan, dan ada pencahayaan yang memang khusus digunakan sebagai point of interest sebuah ruangan.

"Terkadang masih ada yang meremehkan penggunaan cahaya untuk interior rumah. Padahal, fungsi cahaya sama dengan warna. Bila salah penerapannya, akan berpengaruh pada kesan ruangan tersebut," kata desainer interior Susan Octari Yawhan. Ketika Anda ingin memasang cahaya di dalam ruangan, pastikan pencahayaannya disesuaikan dengan warna dinding, finishing, serta tekstur permukaan bidang ruangan.

Ketiga faktor tersebut dapat memengaruhi reflektansi dari sumber pencahayaan yang telah diberikan. "Yang harus diingat,semakin terang warna cat dinding, maka akan terlihat semakin mengkilap dan halus tekstur dinding. Dengan begitu, akan membuat reflektansi ke ruangan semakin baik pula.Ini membuat pencahayaan bakal kian maksimal," kata Susan.

Pencahayaan utama biasanya difungsikan sebagai penerang di seluruh ruangan, termasuk memberikan pencahayaan seperti kondisi pada siang hari. Sementara untuk lampu aksen, biasanya dipergunakan untuk meningkatkan kesan, mood, atau suasana tertentu di dalam ruangan. "Lampu aksen jenis ini bersifat dekoratif dan memiliki cahaya langsung. Lampu seperti ini digunakan pada area yang lebih sempit, namun membutuhkan intensitas cahaya yang lebih kuat dibandingkan dengan penerangan umum," ujar Susan.

Seperti kita tahu, terdapat beberapa aktivitas yang membutuhkan pencahayaan lebih dibandingkan dengan aktivitas yang lain, misalnya membaca, menjahit, dan merias diri. Kegiatan tersebut memerlukan lampu dengan kuat terang tiga kali lipat dibandingkan penerangan pada umumnya. Ruang tamu dan ruang keluarga dengan berbagai aktivitas di dalamnya, pada umumnya diberikan pencahayaan utama beserta pencahayaan aksen.

"Sakelar dan sirkuit yang berbeda dapat memberikan kemudahan dalam mengontrol kekuatan serta fungsi pencahayaan yang dibutuhkan karena lampu utama bertujuan menerangi ruangan pada kondisi normal," ungkap wanita berkulit putih itu. Lampu aksen seperti kristal atau lampu dinding dapat difungsikan untuk memberi kesan tematik pada ruangan, misalkan acara keluarga dan lain sebagainya. Untuk lampu ini, Anda tidak perlu bingung memilihnya seperti lampu meja, standing lamp,dan lain-lain.

Pada kamar tidur, dapat digunakan tiga jenis pencahayaan secara terpadu. "Biasanya pencahayaan untuk kamar tidur menggunakan jenis downlight untuk relaksasi serta dapat digunakan sebagai teman pencahayaan pada malam hari," kata Susan. Jika Anda ingin menggunakan lampu baca di area kamar, bisa dengan meletakkan lampu meja di sepasang sisi kiri dan kanan tempat tidur.

Sumber : www.property.okezone.com/ubah-kesan-ruang-dengan-cahaya

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar