Senin, 23 Juli 2012

Urbanana, Konsep Menanam Pisang dalam Ruangan



PARIS, Urbanana merupakan konsep bangunan yang menyatukan kaum urban dan banana atau buah pisang. Ini adalah konsep menanam pohon pisang di dalam ruangan hunian sebagai solusi berkebun di perkotaan, khususnya di kota-kota di Eropa, seperti Paris.

Didesain oleh kantor arsitek SOA Architects, Urbanana dibangun di antara gedung-gedung di Paris. Bangunan ini akan diisi dengan beragam varian pohon pisang yang ditanam di dalam gedung.

Belakangan buah pisang sulit ditemukan di pasar-pasar modern Eropa, terutama karena kendala distribusi antarwilayah maupun faktor kematangan buah. Padahal, kaum urban di Paris gemar mengkonsumsi buah ini.

Di Paris, pisang telah menjadi semacam buah eksotis, karena keberadaannya hampir tidak tergantikan. Kebanyakan konsumsi pisang untuk kebutuhan diet, industri makanan, serta pengembangan produk kosmetik.

Sayangnya, kebutuhan akan pisang terkendala mahalnya biaya pengangkutan dari Karibia menuju Eropa. Selain itu, pendistribusian antarwilayah membawa dampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Membandingkan antara efek buruk pengangkutan pisang secara konvensional serta kebutuhan kaum urban, maka konsep Urbanana diperkenalkan. Konsep ini diharapkan dapat pula mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan yang berdampak nyata pada ekonomi nasional.

Konsep bangunan Urbanana tampil dengan selubung kaca pada keseluruhan bangunan. Pemilihan dinding kaca ini bukan tanpa alasan, karena tujuannya hendak menunjukkan interior dalam ruangan, yaitu berupa gantungan pohon-pohon pisang.

Fasad bangunan juga dibuat transaparan secara maksimal, yaitu dengan penambahan pencahayaan buatan. Cahaya ini berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan pohon-pohon pisang. Bangunan ini juga didukung struktur yang kuat demi menciptakan konsep kebun raya.

Adapun tempat penanaman pohon pisang di gedung ini berlokasi di lantai enam, yang dipermudah dengan hadirnya jembatan. Pada lantai dasar gedung diperuntukkan sebagai ruang publik dan terbuka untuk umum, serta laboratorium dan ruang pamer untuk memamerkan buah-buah pisang. Keseluruhan bangunan ini didesain secara berkualitas dengan tujuan promosi dan mengembangkan konsep pertanian di perkotaan.

Tertarik mengadopsi konsep ini?


Sumber : www.properti.kompas.com/Urbanana.Konsep.Menanam.Pisang.dalam.Ruangan.

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar