Kamis, 26 Juli 2012

Agar Tetesan Cat Tidak Membahayakan Kesehatan



Hal paling kecil kerap dilupakan orang saat melakukan pengecatan. Melapisi lantai atau menutupi perabot, misalnya. Selain bikin lantai rusak, banyak cat berbahan dasar tiner dan mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itulah, sebelum melakukan pengecatan pascarenovasi, ada baiknya beberapa hal di luar proses pengecatan itu sendiri perlu dipersiapkan. Salah satu persiapan penting adalah tetap menjaga kebersihan lantai. Karena pada saat pengecatan, hampir pasti ada tetesan cat yang jatuh ke lantai.

Memang, karena suka dianggap enteng, tetesan cat ini mudah dikerok menggunakan kape. Tapi, jika jumlahnya terlalu banyak, lelah juga membersihkannya. Selain itu, lantai juga bisa rusak tergores kalau cat menempel terlalu kuat. Karena itulah, sebelum memulai pengecatan, ada baiknya lantai dialasi dengan plastik atau koran, khususnya di area sepanjang dinding yang akan dicat.

Repot sedikit, memang. Pasalnya, banyak cat berbahan dasar tiner serta mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan. Alhasil, Anda perlu menutupi beberapa benda-benda lain di sekitar tempat mengecat, seperti meja makan, piring-piring, sofa, atau furnitur lainnya.

Kalau memungkinkan, tak ada salahnya mengeluarkan barang-barang tersebut dari ruang yang akan dicat. Bila perlu, kosongkan ruangan itu selama proses pengecatan berlangsung. Bahkan, anggota keluarga sebagai penghuni rumah sebaiknya tidak berada di dalam ruangan yang sedang dicat. Bila harus berada di dalam, sebaiknya gunakan masker. Orang yang terlalu sensitif bisa dengan mudah merasa pusing bila menghirup bau cat terlalu lama.

Langkah selanjutnya, setelah proses pengecatan selesai, usahakan sebanyak mungkin ruang yang baru dicat terkena udara bebas. Buka semua jendela dan pintu selama seharian supaya bau cat cepat hilang. Jika memang tidak tahan dengan bau cat, jangan langsung menempati rumah atau ruang yang baru dicat. Diamkan dulu selama beberapa hari.

Selamat mengecat!


Sumber : www.properti.kompas.com/Agar.Tetesan.Cat.Tidak.Membahayakan.Kesehatan

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar