Jumat, 06 Juli 2012

India Miliki Perpustakaan Paling Hijau dan Terbesar Se-Asia

detail berita
Anna Centenary Library di India (foto: inhabitat)
KOTTURPURAM - Anna Centenary Library adalah sebuah gedung perpustakaan yang memperoleh sertifikat gold dari lembaga internasional Leadership in Energy and Environmental Design (LEED). Tak hanya itu, perpustakaan yang terletak di Kotturpuram, India, ini juga memperoleh predikat sebagai yang terbesar di seluruh Asia.

Seperti dilansir Inhabitat, Kamis (5/7/2012), perpustakaan ini merupakan salah satu gedung publik yang paling menerapkan konsep sustainable building (bangunan berkelanjutan). Didesain oleh CR Narayana Rao, yang membuat banyak jendela di bagian utara sampai timur gedung dan skylight sebagai jalur masuknya cahaya matahari tanpa kepanasan.

Hal tersebut sangat memberikan dampak positif pada pembangunan gedung dengan tinggi sembilan lantai dan luas 330 ribu meter persegi ini, termasuk sebuah auditorium seluas 50 ribu kaki persegi dan sebuah perpustakaan khusus anak seluas 15 ribu kaki persegi. Penghematan energi juga diaplikasikan melalui penggunaan lampu LED, mulai dari auditorium besar, kantin, dan pada area membaca dan riset lainnya.

Ruang utama dalam perpustakaan ini dapat menampung 1,5 juta buku dan seribu pembaca setiap harinya. Selain itu, terdapat pula sebuah amfiteater outdoor pada bagian atap gedung. Memiliki dua amfiteater dan dua ruang konferensi membuat gedung ini sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara besar.

Ide desain gedung ini bersumber dari konservasi gedung dan berfokus pada penggunaan bahan yang berkelanjutan. Lebih dari 60 persen material bangunan merupakan sumber lokal dan hasil daur ulang. Air hujan didaur ulang dan digunakan kembali hampir di seluruh ruangan. Hal ini bertujuan sebagai pembelajaran alami untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana bangunan ini dapat bekerja.

Sumber : www.property.okezone.com/india-miliki-perpustakaan-paling-hijau-dan-terbesar-se-asia

Cari Rumah Dijual ..????

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar