Kamis, 12 Juli 2012

Kondotel dan Hotel Bersaing Sengit



JAKARTA, Maraknya pembangunan kondominium hotel atau kondotel di kota-kota luar Jakarta diprediksi akan bersaing dengan pasar perhotelan. Selain dioperasikan sebagai hotel, unit-unit kondotel dapat menjadi investasi tersendiri.

"Kondotel itu bergerak di pasar yang sama saja dengan hotel, di mana tamu-tamunya juga sama. Waktu kondotel mulai beroperasi, ya, saingannya juga hotel," kata Arief Rahardjo, Head of Research & Advisory PT Cushman & Wakefield Indonesia, ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Arief mengatakan, meski secara fisik berwujud seperti hotel, kondotel memiliki unit-unit yang ditawarkan kepada konsumen. Penjualan unit kondominium ini dimaksudkan agar besarnya biaya pembangunan tidak ditanggung seluruhnya oleh pengembang. Untuk pembeli unit kondotel, pengembang menjanjikan investasi atau return of investment (ROI) yang bisa kembali dalam jangka waktu tertentu.

"Kondotel yang laris biasanya di daerah wisata, karena pasarnya para wisatawaan. Di daerah dengan lokasi strategis ini, pengembalian investasi unit kondotel akan sangat tinggi," katanya.

Berbeda dengan Arief, Ketua Badan Pertimbangan Realestat Indonesia (REI), Teguh Satria mengatakan perkembangan pasar perhotelan tidak akan tergeser dengan kehadiran kondotel. Menurutnya, profil konsumen untuk hotel dan kondotel berbeda.

"Pertumbuhan hotel tidak bisa digantikan oleh kondotel. Perkembangan hotel sangat signifikan karena pasarnya berkembang luar biasa. Ini bisa dilihat dari tingginya pertumbuhan pasar penerbangan dimana semua membutuhkan hotel," katanya.


Sumber : www.properti.kompas.com/Kondotel.dan.Hotel.Bersaing.Sengit

Cari Rumah Dijual Di Bandung..??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar