Kamis, 05 Juli 2012

Petunjuk Membeli Rumah Pertama

detail berita
Ilustrasi (foto: ist.)
MEMILIKI rumah pribadi adalah impian semua orang, utamanya yang telah berkeluarga. Membeli rumah merupakan sebuah pengalaman kompleks, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda.

Setidaknya, ada empat tahapan yang harus Anda pahami sebelum membeli sebuah rumah, seperti dikutip dari laman Frontdoor, Kamis (5/7/2012). Simak ulasan dan tipsnya berikut ini:

1. Evaluasi  Hidup dan Keuangan

Memiliki rumah juga membutuhkan komitmen besar. Anda harus siap mental dan finansial untuk itu. Bahkan, sebelum Anda melihat-lihat rumah, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah sumber keuangan Anda telah stabil dan tabungan Anda mencukupi, paling tidak untuk melunasi uang muka atau down payment (DP).

2. Sumber Pembiayaan Rumah
Setelah Anda memastikan telah siap untuk memiliki rumah, saatnya untuk memikirkan pembiayaannya. Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) yang telah disediakan bank. Bank akan memberikan pinjaman untuk biaya pembangunan rumah dan Anda berkewajiban untuk mengansur setiap bulannya. Jangan lupa pilih bank dengan suku bunga dan persyaratan pinjaman yang menurut Anda terbaik. Pahami segala syarat dan prosesnya, karena pada setiap proses ada biaya-biaya tertentu yang juga wajib dilunasi.

3. Pilih Rumah yang Tepat

Ini adalah bagian paling menyenangkan untuk siapa saja yang baru membeli rumah pertamanya. Anda dapat mencari informasi tentang seluk beluk rumah melalui informasi online, untuk menghemat biaya transportasi. Cermati harga, lokasi, fasilitas dan lingkungan sekitar rumah yang Anda tuju. Menggunakan jasa agen perumahan dapat Anda pertimbangkan, karena mereka dapat menyediakan tur perumahan dan membimbing Anda melewati proses ini.

4. Deal or No Deal
Jikla Anda membeli rumah bukan pada pengembang, melainkan pada pihak perseorangan, maka proses tawar menawar harus dilalui dengan bijak. Anda bisa memberikan penawaran yang logis dan usahakan kedua pihak sama-sama sepakat. Selanjutnya, tinggal proses penandatangan akad rumah, dan persuratan penting lainnya sebagai tanda permintaan Anda untuk membeli rumah telah diakui dan kunci pun menjadi milik Anda.


Sumber : www.property.okezone.com/petunjuk-membeli-rumah-pertama

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar