Kamis, 05 Juli 2012

Cara Menghitung Harga Furnitur "Built In"



JAKARTA, Penggunaan furnitur built in atau perabot tanam sangatlah efektif dalam memaksimalkan fungsi dan kebutuhan sebuah ruangan. Sayangnya, banyak orang yang justru menghindari penggunaan furnitur built in. Alasannya sederhana,  biaya yang dikeluarkan relatif lebih tinggi ketimbang furnitur lepasan.

Namun, jika Anda jeli memanfaatkan anggaran, masalah tingginya biaya furnitur built in bisa disiasati. Secara umum, biaya pembuatan furnitur built in dapat diperkirakan dari perhitungan besar atau volumenya, bahan atau material yang digunakan, atau memerkirakan hitungan dari model serta desainnya. Seperti apa caranya, berikut tips-nya.


Dihitung Per Meter Persegi

Biaya pembuatan furnitur built in berdasarkan besar dan volume dihitung dari berapa meter persegi atau meter kubik seluruh furnitur yang dibuat. Penghitungan ini sudah termasuk biaya bahan, upah tukang, serta ongkos pengerjaan. Jika Anda menggunakan bantuan desainer atau kontraktor interior, perhitungan ini dikenal dengan istilah design and build. Keuntungan sistem perhitungan ini adalah Anda tidak perlu repot mengawasi pembuatan furnitur built in pesanan Anda, sebab semua telah diurus oleh toko atau kontraktor interior.

 
Dihitung Berdasar Bahan

Perhitungan biaya berdasarkan bahan ditentukan dari material yang digunakan. Pemilihan material akan sangat memengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan. Lebih baik Anda membeli dan memilih bahan yang sesuai dengam anggaran Anda, jangan lupa untuk menambahkan upah tukang dan ongkos pengerjaan. Jika Anda menggunakan jasa kontraktor interior, gunakan jasa build-nya saja, sementara  rancangan dan tampilan furniturnya bisa Anda reka-reka sendiri caranya dengan melihat contoh desain pada majalah atau buku desain.


Dihitung Berdasar Model

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah memerhitungkan biaya berdasarkan model. Hal ini lazim digunakan jika Anda menggunakan jasa designer atau konsultan interior. Designer berhak atas biaya konsultasi dari keseluruhan biaya proyek jika Anda menggunakan jasa design and build. Jika Anda hanya menggunakan jasa desain maka biaya pembuatan akan bergantung pada kisaran tarif yang ditetapkan sang designer.

 Nah, selamat menghitung!


Sumber : www.properti.kompas.com/Cara.Menghitung.Harga.Furnitur.Built.In.

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar