Rabu, 18 Juli 2012

4 Elemen Penentu Terwujudnya Pembangunan Kota

detail berita
Foto : Dok Koran SI.
JAKARTA - Maraknya pembangunan kota tanpa mengindahkan tata ruang merupakan suatu polemik tersendiri. Terlebih di Kota Jakarta, yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian Indonesia. Praktis membuat kota ini menjadi kota dengan populasi penduduk paling padat.

Tercatat lebih dari setengah penduduk Indonesia berada di Pulau Jawa, yang terpusat di Jakarta. Menanggapi kondisi tata kota Jakarta, Direktur Perkotaan Joessair Lubis menyarankan perlunya pemikiran dari setiap unsur untuk mewujudkan bagaimana penerapan konsep pembangunan kota berkelanjutan.

"Ada tiga aspek yang perlu dipertimbangkan untuk mewujudkan pembangunan kota yang berkelanjutan," jelas Joessair, pada dialog bertajuk Menjelang Lima Tahun Sustainable Urban Development-Forum Indonesia (SUD-FI), di Jalan Puri Saktu, Jakarta, Rabu (18/7/2012).

Dia menjelaskan, ketiga aspek yang dimaksud, adalah :

1. People (manusia)
Adalah aspek terpenting sebagai pelaku utama yang harus memiliki kesadaran mengenai pentingnya pembangunan berbasis lingkungan.

2. Pemeliharaan

Bumi ini adalah wadah atau tempat di mana masyarakat dapat berinteraksi dan mencurahkan segenap kemampuan, di mana lingkungan ini harus terjaga dan dipelihara agar masyarakat di dalamnya bisa hidup dengan nyaman

3. Profit
Merupakan manfaat akhir yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga jika masyarakat sudah bisa merasakan secara langsung dari penerapan sustainable development yang kemudian akan timbul kesadaran.

Hal terakhir yang dapat melengkapi ketiga unsur di atas, lanjut dia adalah urban goverment (andil pemerintah) untuk menerapkan dan menyusun peraturan yang tentunya sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. "Tanpa adanya komitmen dari keempat elemen di atas, pembangunan berkelanjutan mustahil terwujud," Joessair menegaskan.

Sumber : www.property.okezone.com//4-elemen-penentu-terwujudnya-pembangunan-kota

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar