Senin, 02 Juli 2012

Hunian Indah Tanpa Biaya Besar

\detail berita
(foto: homeinteriordesigned)
TIAP orang pasti menginginkan tempat tinggal yang nyaman dan layak huni. Namun, faktor biaya selalu menjadi kendala. Jangan khawatir, Anda masih bisa kok memiliki tempat tinggal dengan biaya yang ringan.

Faktor biaya selalu menjadi kendala utama saat Anda ingin memiliki rumah idaman. Bagi sebagian orang, rumah masih menjadi barang yang amat mahal, bahkan tidak sedikit pula yang belum mampu memilikinya. Namun, Anda yang ingin merenovasi, tapi tidak memiliki dana lebih, bisa mencoba menerapkan gaya arsitektur yang murah, tetapi tetap terlihat mewah karena keindahannya.

"Memiliki rumah yang nyaman tidak harus dengan dana yang mahal.Adapun yang paling penting, desainnya harus dibuat secara baik dan indah agar penghuni merasa nyaman,bisa berpikir lebih positif dan berkualitas," sebut arsitek Rizky Artando.

Rizky menyebutkan,bila rumah yang dibangun luas, tetapi tidak ditata secara baik, maka akan terasa sumpek dan juga memengaruhi penghuninya.Karena itu, butuh eksplorasi dan kejelian untuk dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda dari bahan yang juga sederhana. Mewujudkan rumah dengan biaya yang terjangkau, hendaknya tidak hanya diaplikasikan pada awal pembangunan.

Sisi perawatannya pun perlu Anda jaga supaya di kemudian hari Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak hanya untuk menambah ruang dan perbaikan, atau membayar tagihan listrik yang membengkak lantaran penggunaan air conditioner (AC) misalnya.

"Perencanaan yang sangat matang adalah kunci mendesain rumah dengan biaya yang terjangkau.Oleh karena itu, perhatikan langkah awal sebelum membangun seperti desain,struktur,dan materialnya," kata Rizky. Langkah utama yang harus dipikirkan adalah,Anda harus membuat desain yang kokoh dan sesuai. Biasanya desain rumah yang hemat energi dan ramah lingkungan tidak terlalu memakan dana cukup besar.

"Konsep dasar rumah hemat energi adalah menciptakan hunian agar tetap terasa nyaman tanpa harus menggunakan barang elektronik yang berlebihan,seperti AC dan pemanas air.Perhatikan pula arah hadap rumah.Usahakan untuk menghadap timur dan perbanyak penempatan ruang di sisi sebelah selatan,"beber Rizky.

Selain dari arah hadap, faktor lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah ventilasi. Bila tempat tinggal Anda sudah terlanjur menghadap ke barat, pengaplikasian jendela dengan bukaan yang lebar adalah solusinya. "Perbanyak bukaan,seperti pintu dan jendela, agar terjadi pertukaran udara yang baik di dalamnya.Jika udara dibiarkan terjebak di dalam ruangan, maka bakal mengakibatkan hawa ruangan tersebut semakin panas," sebut Rizky.

Jika lahan yang tersedia cukup memungkinkan, ada baiknya Anda juga menyediakan ruang terbuka hijau. Rumah yang memiliki lahan terbuka hijau dapat mengurangi konsumsi energi listrik. Semakin banyak Anda menanam pepohonan di sekitar area rumah, maka akan semakin menstabilkan udara panas yang masuk ke dalam rumah. "Bila lahan yang tersedia sangat minim untuk membuat lahan terbuka hijau, maka bisa disiasati dengan menggunakan desain rumah tradisional," ujar Rizky.

Setelah mengetahui desain yang ingin Anda aplikasikan, langkah selanjutnya adalah rencanakan strukturnya.Gunakan struktur bangunan yang dapat menghemat anggaran. Misalnya, jika rumah Anda memiliki lebar kurang dari empat meter, tidak usah menggunakan struktur kuda-kuda. Bila Anda menginginkan hunian dua lantai, sebaiknya jarak antara lantai satu dan dua sekitar 250 cm, namun harus memiliki bukaan dan ventilasi yang cukup untuk ukuran ruangannya.

"Untuk menekan biaya, bisa juga menggunakan struktur rangka multipleks di struktur lantai dua yang dapat dilapisi cor semen tipis dan pelapis keramik.Struktur lantai dua bisa dibuat lebih hemat dibandingkan lantai satu yang memerlukan material beton sebagai penyangga," kata Rizky. Sebagai tahap akhir, Anda dapat bereksperimen dengan sentuhan desain unfinished. Untuk menghemat dana pengecatan dan penggunaan wallpaper, seni unfinished bisa Anda tonjolkan.

"Tidak ada salahnya membiarkan dinding, lantai,dan plafon tampil apa adanya.Justru dengan begitu akan membuat hunian semakin berkarakter dan berseni,sekaligus menghemat biaya," tutur arsitek kelahiran Sumatera Barat itu. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan masalah dana untuk menciptakan rumah idaman. Dengan biaya yang terjangkau, Anda pun bisa menyulap rumah sederhana menjadi rumah nan istimewa.

Sumber : www.property.okezone.com/hunian-indah-tanpa-biaya-besar

Cari rumah Propertykita ahlinya...!!

Cari rumah dijual yang aman nyaman asri serta siap huni..?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar