Senin, 16 Juli 2012

Tertarik Mendandani Patio?



Jika Anda mendengar kata "patio" untuk pertama kali mungkin merasa bingung. Tapi, kalau diartikan sebagai taman atau halaman belakang rumah pasti Anda tidak kebingungan lagi.

Memang, dari bahasa aslinya Spanyol, patio adalah taman atau halaman belakang. Di Indonesia, patio bukan hal baru karena banyak arsitek menerapkannya dalam hunian sebagai area luar ruang untuk beragam kegiatan bersama keluarga.

Dengan mengaplikasikan patio dalam hunian, Anda bisa mendapatkan pencahayaan lebih alami, menghemat pemakaian listrik, sirkulasi udara lebih lancar, serta mengintegrasikan ruang dari dalam maupun luar begitu sebaliknya. Jika saat ini, Anda tertarik mendandani patio, berikut ini ada 10 tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

Nyaman dengan air

Air selalu membawa aura tenang dan damai. Pastikan untuk menambahkan unsur air pada patio Anda. Tambahkan taman air berukuran sedang di dalam patio, sehingga dapat menambah suasana santai dan nyaman ketika berada di patio. Lengkapi dengan pompa sirkulasi kecil sehingga Anda dapat menikmati gemericik suara air mengalir dari bebatuan atau cerat bambu.

Peneduh dan penyejuk

Salah satu ide patio yang nyaman adalah ketika berada di bawah kerindangan pohon peneduh. Namun jika Anda tak memiliki pohon peneduh yang cukup besar, pertimbangkan membangun patio di bawah kanopi. Ketika cuaca sedang terik, sesekali nikmati sore nan cerah setelah berkebun di patio. Atau, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman favorit seperti keladi-keladian atau hostas di sekitar patio. Saat musim panas panjang, aneka warna bunga dan cerahnya dedaunan mereka akan membuat patio kian sejuk.

Sentuhan aroma

Pertimbangkan lajur tanaman aromatik mengarah dari kebun ke patio Anda.Jangan sepelekan kekuatan aromatik, karena saat Anda sedang bersantai di patio pada akhir pekan, aroma dan wangi tanaman yang lembut mampu menambah relaksasi yang Anda butuhkan. Wangi tanaman aromatik ini akan menyambut Anda ketika bersantai di patio. Kombinasikan wewangian dan relaksasi di patio, nikmati pengalaman "scentsational" bagi Anda juga tamu Anda.

Tutup dengan pergola

Mendamaikan musim panas yang terik dengan suasana luar serba terbuka dapat dilakukan dengan pergola. Pergola membantu memberikan naungan nan sejuk bagi suasana patio Anda. Misalnya, saat pesta barbekyu di halaman belakang, Anda tinggal menambahkan beberapa kontainer atau wadah panjang berisi tanaman nan subur untuk menghiasnya. Jangan lupa, pilih furnitur tahan cuaca agar suasana dapat dinikmati lebih tahan lama. Tambahkan hiasan meja berupa rangkaian bunga dari kebun sendiri untuk menambah suasana patio lebih semarak.

Karpet di patio

Hamparkan sebuah karpet pada patio Anda! Akan lebih baik jika Anda memilih karpet yang berkualitas tinggi, tahan cuaca dan dapat digunakan di luar ruangan. Karpet tersedia dalam berbagai warna dan gaya, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Akan menjadi ide cemerlang jika Anda memilih karpet yang terbuat dari bahan daur ulang dan ramah lingkungan

Tata Lampu di patio

Berikan sentuhan pribadi suasana patio di malam hari. Mainkan gelap terang untuk area-area favorit Anda. Misal, menambahkan beberapa lampu untuk menerangi ruang gelap, sedikit tata lampu untuk memperkuat suasana di area tempat duduk, atau tambahkan sentuhan pizzazz di patio untuk menyemarakkan malam.

Ciptakan privasi

Memanfaatkan pergola juga dapat dilakukan untuk memberi sentuhan privasi pada patio. Gunakan beberapa beberapa barang dari toko perabot rumah juga dapat menjadi proyek akhir pekan Anda. Perlembut pergola dengan merambatkan tanaman berbunga atau anggur. Setelah pohon pergola merambat kokoh, Anda pun dapat menikmati privasi sekaligus keindahan alam di patio Anda.

Tambahkan kotak tanaman

Kotak tanaman adalah aksesori klasik abadi bagi patio. Kotak tanaman (planter box) dapat dipilih dari bahan besi tempa maupun kayu, kedua bahan ini akan menjadi aksen patio yang menawan. Tambahkan tanaman-tanaman mungil favorit di dalam kotak, Anda pun dapat menikmati keindahan bunga dan warna sepanjang tahun.

Tambahkan lonceng angin (chime)

Belum lengkap rasanya, bersantai di patio tanpa gemerincing lonceng angin yang memanjakan telinga. Nikmati suara musik alam di patio Anda. Lonceng angin atau chime merupakan bagian gaya tradisional untuk melengkapi kenikmatan suasana luar rumah. Lonceng angin bisa berbahan bambu, kayu, dan stainless steel. Mereka menciptakan melodi pada saat angin bertiup. Letakkan chime di bagian paling sesuai pada rumah Anda.

Buat tepi lengkungan

Tinggalkan bentuk persegi yang terlalu kaku. Tambahkan aksen melengkung untuk memberi karakter dan kesan informal pada patio atau beranda tamu Anda. Anda bisa bermain dengan kurva berjenjang di salah satu sisi patio. Tambahkan semacam anak tangga untuk membuatnya lebih berfungsi. Kurva menambah kesan lebih santai dan visual yang menarik ketimbang garis lurus.

Selamat mencoba!


Sumber : www.properti.kompas.com/Tertarik.Mendandani.Patio.

Cari Rumah Dijual Di Solo..??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com untuk lebih tau informasi rumah dan property

Tidak ada komentar:

Posting Komentar