Jumat, 07 September 2012

Industri Interior Makin Tersohor


JAKARTA,Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Moch Refrrajaya mengatakan, prospek industri desain interior berkembang pesat karena didukung majunya bisnis properti dan konstruksi di Indonesia yang membutuhkan banyak tenaga desain.

"Di Jakarta, Surabaya, Medan, banyak sekali pertumbuhan mulai dari mal, residen, apartemen yang membantu tumbuhnya prospek industri desain interior," kata Refrrajaya di Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Perkembangan ini juga didukung kepercayaan pelaku industri terhadap kemampuan desainer interior lokal. Ia mengatakan, dominasi desainer interior dalam negeri begitu besar dan mengalahkan tenaga perancang dari mancanegara.

"Saya bisa bilang hampir 99,9 persen desainer interior dalam negri itu merupakan tenaga dari lokal," katanya.

Seperti dalam desain pembangunan perumahan di tengah kota yang menerapkan konsep vertikal, telah membuka peluang berkembangnya karir para desainer. Di setiap gedung, kata dia, pasti membutuhkan interior.

"Satu gedung yang memiliki 20 lantai bisa hanya membutuhkan satu arsitek. Tapi, jika 20 lantai itu terdiri dari 20 kantor bisa membutuhkan 20 desainer untuk merancang interiornya. Belum lagi, jika satu lantai terdapat dua kantor," ujar Refrrajaya.

Dia mejelaskan, setiap tahun selalu ada peningkatan jumlah desainer interior lokal yang diminati oleh industri desain mancanegara seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darusalam. Umumnya, para desainer datang membawa nama perorangan.

"Walaupun tidak tertulis angka-angkanya, kita mencatat teman-teman desainer tiap tahun menjadi desainer di negara tetangga. Itu menunjukkan SDM Indonesia bagus," kata desainer PT Elbaig Indonesia ini.

Ia mengatakan, pasar dalam negeri kini banyak diserbu pelaku-pelaku asing. Dengan tren tersebut, banyak desainer interior lokal menggandeng perancang dari luar negeri tingkat Asia Pasifik untuk bisa memajukan industri desain bersama-sama.

"Bukan bersaing, tapi kita beriringan, seperti sekarang kita memanggil desainer teman-teman dari APSDA (Asia Pacific Space Designesr Alliance) di perhelatan acara Desain.ID untuk menjadi juri kompetisi," kata Reffrajaya.

Tahun ini HDII menyelenggarakan pameran desain interior internasional Desain.ID bertema "Cosmic: Design in Extra-Ordinary Means" di Balai Sidang Jakarta, 5-8 September 2012. Acara ini diharapkan bisa terus mendukung perkembangan desain interior di Indonesia, terutama untuk memberikan nilai tambah bagi manfaat suatu produk.


Sumber : www.properti.kompas.com/Industri.Interior.Makin.Tersohor


Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar